HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG MALOKLUSI DENGAN KEBUTUHAN PERAWATAN ORTODONTI PADA ANAK USIA REMAJA DI SMA MURNI PADANG

Ryan, Maulana Jusuf (2019) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG MALOKLUSI DENGAN KEBUTUHAN PERAWATAN ORTODONTI PADA ANAK USIA REMAJA DI SMA MURNI PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7)
BAB AKHIR PENUTUP, KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAPUS - Copy.pdf - Published Version

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BISMILLAH SEMHAS - Copy.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perilaku kesehatan mencakup pengetahuan orang tua terhadap kesehatan gigi akan berpengaruh pada kesehatan gigi anak. Anak yang mengalami maloklusi merasa tidak membutuhkan perawatan ortodonti dikarenakan motivasi anak usia sekolah untuk merawat gigi masih sangat kurang sehingga peran orang tua sangat dibutuhkan dalam usia tumbuh kembang anak. Sebagian orang mengetahui akan pentingnya perawatan ortodonti untuk mencegah terjadinya maloklusi akan tetapi hanya sebagian kecil yang mengetahui penyebab serta tanda-tanda akan timbulnya maloklusi, sehingga potensi timbulnya maloklusi masih tetap tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan orang tua tentang maloklusidengan kebutuhan perawatan ortodonti pada anak usia remaja di SMA Murni Padang. Metode pada penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Hasil dari penelitian ini sebagian besar (41.7%) orang tua memiliki tingkat pengetahuan sedang tentang maloklusi. Sebagian besar (41.7%) siswa SMA Murni memiliki tingkat kebutuhan perawatan ortodonti sedang. Tidak terdapatnya hubungan antara tingkat pengetahuan orang tua tentang maloklusi dengan kebutuhan perawatan ortodonti pada anak usia remaja (p=0.759). Kata kunci : IOTN, tingkat pengetahuan, maloklusi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: drg. Hidayati, MKM
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 24 Oct 2019 16:09
Last Modified: 24 Oct 2019 16:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/51477

Actions (login required)

View Item View Item