KAJIAN EDIBLE COATING BERBASIS PATI KULIT UBI KAYU UNTUK MEMPERPANJANG UMUR SIMPAN BUAH SEMANGKA (Citrullus vulgaris S.) TEROLAH MINIMAL

Nindy, Oktaviana (2019) KAJIAN EDIBLE COATING BERBASIS PATI KULIT UBI KAYU UNTUK MEMPERPANJANG UMUR SIMPAN BUAH SEMANGKA (Citrullus vulgaris S.) TEROLAH MINIMAL. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Kesimpulan dan Saran)
BAB 5 (Kesimpulan dan Saran).pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Semangka termasuk salah satu buah yang banyak disukai oleh masyarakat. Buah ini dikonsumsi dalam bentuk terolah minimal. Namun, kualitas buah terolah minimal cepat mengalami penurunan karena rusaknya jaringan buah. Upaya untuk pencegahan penurunan kualitas buah dengan memberikan edible coating. Bahan yang digunakan dalam pembuatan edible coating yaitu pati kulit ubi kayu. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji pengaruh edible coating berbasis pati kulit ubi kayu dan mengetahui konsentrasi edible coating pati kulit ubi kayu terbaik dalam mempertahankan mutu dan memperpanjang umur simpan buah semangka terolah minimal. Manfaat penelitian ini adalah memberikan informasi cara mempertahankan mutu dan memperpanjang umur simpan buah semangka terolah minimal serta cara mengolah kulit ubi kayu menjadi bahan yang bernilai guna. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen Rancangan Acak Lengkap Faktorial, terdiri dari 3 faktor yaitu konsentrasi edible coating, suhu penyimpanan, dan hari penyimpanan. Konsentrasi edible coating terdiri dari konsentrasi 1%, 3%, dan 5% sedangkan suhu penyimpanan terdiri dari suhu ruang (25°C) dan suhu dingin (10°C). Berdasarkan penelitian diperoleh konsentrasi edible coating dan suhu penyimpanan terbaik dalam mempertahankan mutu dan memperpanjang umur simpan buah semangka terolah minimal yaitu konsentrasi 1% pada penyimpanan suhu dingin (10°C) selama 8 hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ifmalinda, S.TP, MP
Uncontrolled Keywords: Semangka, Terolah Minimal, Edible Coating, Pati Kulit Ubi Kayu
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknik Pertanian
Depositing User: s1 Teknik Pertanian
Date Deposited: 24 Oct 2019 10:43
Last Modified: 24 Oct 2019 10:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/51446

Actions (login required)

View Item View Item