Respon Masyarakat (Siswa, Guru dan Orang Tua) Terhadap Program "Bundo Kanduang Masuk Sekolah" Studi terhadap 4 Sekolah dasar di Kota Solok

Miftah, Nurul Azhima (2019) Respon Masyarakat (Siswa, Guru dan Orang Tua) Terhadap Program "Bundo Kanduang Masuk Sekolah" Studi terhadap 4 Sekolah dasar di Kota Solok. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK ME.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir (Kesimpulan/Penutup))
BAB AKHIR PENUTUP.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK MIFTAH NURUL AZHIMA, 1510812005. Jurusan Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas. Padang. Judul Skripsi:Respon Masyarakat (Siswa, Guru dan Orang Tua) Terhadap Program “bundo kanduang masuk sekolah”. Pembimbing I, Dr. Elfitra, M.Si. Pembimbing II, Zeni Eka Putri, S.Sos, M.Si. Penanaman kembali nilai-nilai ABS-SBK kepada generasi muda merupakan hal yang penting untuk dilakukan dan dikaji kembali, karena melihat fenomena dan keadaan generasi muda pada saat ini, yang mana sudah jauh dari nilai-nilai adat Minangkabau, seperti banyaknya remaja saat ini yang melakukan perilaku menyimpang yang bertentangan dengan adat Minangkabau. Oleh karena itu, organisasi bundo kanduang Kota Solok menyosialisasikan kembali nilai-nilai ABS-SBK kepada generasi muda melalui program “bundo kanduang masuk sekolah” dengan tujuan untuk membangkitkan dan melestarikan kembali nilai-nilai ABS-SBK yang sudah mulai pudar, bahkan dianggap kuno oleh generasi muda pada saat ini. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan respon siswa, guru dan orang tua terhadap pelaksanaan program “bundo Kanduang masuk sekolah”. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pertukaran sosial yang digagas oleh George C. Homans. Teori pertukaran social berlandaskan kepada pendekatan ekonomi dan pendekatan psikologi. Teori pertukaran homans bertumpu pada asumsi bahwa orang terlibat dalam perilaku untuk memperoleh ganjaran atau menghindari hukuman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan studi dokumen. Pemilihan informan dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Informan dalam penelitian ini yaitu guru, siswa dan orang tua. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan program “bundo kanduang masuk sekolah” jika dilihat respon siswa ditemukan bahwa respon siswa terhadap materi yang disampaikan sudah cukup jelas dan mampu untuk mereka pahami. Sedangkan dari segi metode dan cara penyampaian ditemukan bahwa respon siswa terhadap hal tersebut negatif. Dari segi media respon siswa terhadap hal tersebut positif. Tidak hanya itu, dari segi waktu dan tempat pelaksanaan respon siswa negatif. Sedangkan jika dilihat respon guru dan ditemukan bahwa respon terhadap materi yang disampaikan positif. Sedangkan dari segi metode dan cara penyampaian ditemukan bahwa respon guru terhadap hal tersebut negatif. Dari segi media respon guru terhadap hal tersebut positif. Tidak hanya itu, dari segi waktu dan tempat pelaksanaan respon guru sesuai dengan situasi dan kondisi lingkungan sekolah. Kemudian dari orang tua, respon terhadap pelaksanaan program “bundo kanduang masuk sekolah” bervariasi. Kata Kunci : Sosialisasi, Nilai-Nilai, ABS-SBK, Respon. ABSTRACT MIFTAH NURUL AZHIMA, 1510812005. Sociology Department, Faculty of Social and Political Sciences, Andalas University. Padang 2019. Title of Thesis: Community Response (Students, Teachers and Parents) to the Program of “bundo kanduang masuk sekolah”. Supervisor I Dr. Elfitra, M.Si and Supervisor II Zeni Eka Putri, S.Sos, M.Si. dissemination the values of ABS-SBK to the young generation is an important to do and review, because it look at the phenomenon and circumstances of the young generation at this time, which is far from Minangkabau tradisional values, such as the number of teenagers today who commit deviant behavior that is countrary to the Minangkabau customs. Therefore, the Solok City of Bunduang kanduang organization socialize the value of ABS-SBK to the young generation through the “Bundo Kanduang masuk sekolah” of program with the aim of awaken and conserve the ABS-SBK values which had begun to fade, even considered ancient by the young generation at this time. The research purpose are describe the response of students, teachers and parents on the implementation of Program “bundo kanduang masuk sekolah”. The theory used in this research is the theory of social exchange initiated by George C. Homans. Social exchange theory is based on the economic approach and psychological approach. Homans exchange theory rests on the assumption that people engage in behavior to get reward or avoid punishment. This research uses qualitative methods with descriptive type of research. Data collection is done by deep interview and document study. The selection of informant is done by using a purposive sampling technique. Informant in this research are teacher, student and parents. From the results of the research found that the implementation of program “bundo kanduang masuk sekolah” if seen from the students 'responses it was found that the students' responses to the material presented were clear enough and able to be understood by them. Whereas in terms of the method and how to delivery it was found that students' responses to it were negative. In terms of media, the students' response to this matter was positive. Not only that, in terms of the time and place of implemention negative student responses. Meanwhile, if seen from the responses of teachers, it was found that the response to the material presented was positive. Whereas in terms of the method and how to delivery it was found that the teacher's response to it was negative. From the media point of view the teacher's response to this is positive. Not only that, in terms of the time and place of implementation of view the teacher’s to program considered the situasion and condition of the students. Then the parents response to the implementation of program “bundo kanduang masuk sekolah” is varies. Keywords: Socialization, Values, ABS-SBK, Response.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Elfitra, M.Si
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 24 Oct 2019 11:30
Last Modified: 24 Oct 2019 11:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/51410

Actions (login required)

View Item View Item