INVESTIGASI PERILAKU BERKENDARA BERISIKO PADA KECELAKAAN ANTAR SEPEDA MOTOR

Prada, Harira (2025) INVESTIGASI PERILAKU BERKENDARA BERISIKO PADA KECELAKAAN ANTAR SEPEDA MOTOR. S2 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (419kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (471kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB V1.pdf - Published Version

Download (308kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (347kB)
[img] Text (FULL TESIS)
FULL TESIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Kecelakaan sepeda motor merupakan penyumbang utama tingginya angka kematian di jalan di Indonesia, dengan faktor manusia sebagai penyebab dominan. Kondisi ini menegaskan pentingnya kajian pola kecelakaan dan faktor pemicunya guna merumuskan langkah pencegahan yang tepat, termasuk melalui penerapan teknologi keselamatan aktif dan pasif yang sesuai dengan kondisi di Indonesia. Penelitian ini menggunakan dua sumber data, yaitu 100 kuesioner daring yang diisi pengendara sepeda motor serta 100 rekaman video kecelakaan dari media sosial. Seluruh variabel terkait faktor kecelakaan dan perilaku berisiko dikodekan, kemudian dianalisis menggunakan tabulasi silang (crosstab) dan uji Chi-Square untuk mengidentifikasi faktor yang berhubungan signifikan dengan terjadinya kecelakaan. Hasil kuesioner menunjukkan beberapa perilaku berisiko dengan nilai mean cukup tinggi, seperti sering ikut balapan di jalan raya (2,94), melawan arus (2,73), masuk jalur yang salah di bundaran atau persimpangan (2,66), serta menerobos lampu merah (2,64). Temuan ini memperkuat bahwa kelalaian manusia masih menjadi penyebab dominan kecelakaan, sehingga kesadaran dan disiplin berlalu lintas harus terus ditingkatkan karena ketidakwaspadaan sekecil apa pun berpotensi memicu insiden. Sementara itu, analisis 100 rekaman video mengungkap sejumlah faktor signifikan (p<0,05), antara lain kondisi cahaya, kategori dan lebar jalan, tingkat kepadatan lalu lintas, kondisi permukaan jalan, serta keberadaan persimpangan. Dari sisi perilaku, kecelakaan juga dipengaruhi manuver berbahaya, pelanggaran marka jalan, berkendara melawan arus, tidak menyalakan lampu sein, dan kecepatan berlebih. Secara keseluruhan, temuan ini menegaskan perlunya upaya pencegahan yang terintegrasi. Edukasi disiplin berlalu lintas perlu diperkuat bersamaan dengan penerapan teknologi keselamatan aktif seperti Lane Departure Warning/Lane Keeping Assist (LDW/LKA), Forward Collision Warning (FCW), Intelligent Speed Assistance (ISA), Traffic Sign Recognition (TSR), Anti-lock Braking System (ABS), Driver Monitoring System (DMS), Automatic Headlamp On (AHO), Blind Spot Monitoring, dan Automatic Turn Signal/Smart Indicator. Serta teknologi keselamatan pasif berupa wearable airbag dan helm dengan inner sun visor. Dengan langkah ini, risiko kecelakaan sepeda motor di Indonesia diharapkan dapat ditekan secara lebih efektif. Kata Kunci: Kecelakaan Sepeda Motor dan Sepeda Motor, Perilaku Berkendara Berisiko, Video Media Sosial, Teknologi Keselamatan Aktif dan Pasif.

Item Type: Thesis (S2)
Supervisors: Dr. Eng. LUSI SUSANTI; HILMA RAIMONA ZADRY, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan Sepeda Motor dan Sepeda Motor, Perilaku Berkendara Berisiko; Video Media Sosial; Teknologi Keselamatan Aktif dan Pasif;
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > S2 Teknik Industri
Depositing User: S2 Teknik Industri
Date Deposited: 03 Nov 2025 06:57
Last Modified: 03 Nov 2025 06:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/513908

Actions (login required)

View Item View Item