KARAKTERISTIK SIFAT FISIKA TANAH PADA BEBERAPA UMUR TANAMAN GAMBIR (Uncaria gambir. Roxb) DI NAGARI LANSANO TARATAK KABUPATEN PESISIR SELATAN

Harry, Nofri Putra Dennico (2019) KARAKTERISTIK SIFAT FISIKA TANAH PADA BEBERAPA UMUR TANAMAN GAMBIR (Uncaria gambir. Roxb) DI NAGARI LANSANO TARATAK KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Akhir)
BAB V Akhir.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img] Text (Full Skripsi)
Full Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Alih fungsi lahan dari hutan menjadi penggunaan lahan pertanian dapat merubah sifat fisika, kimia dan biologi tanah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis beberapa karakteristik sifat fisika tanah pada kebun gambir dari beberapa tingkat umur tanaman serta hutan sebagai pembanding. Penelitian dilaksanakan dari bulan Februari sampai Juli 2019 berlokasi di Kebun Gambir (Uncaria gambir. Roxb) di Kanagarian Lansano Taratak Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survei. Dengan pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling pada kebun gambir berdasarkan umur tanaman (2 tahun, 5 tahun dan 10 tahun) dan hutan sebagai pembanding pada kedalaman 0 - 20 cm dan 20 - 40 cm dengan tiga ulangan. Analisis sifat fisika tanah dilakukan di Laboratorium Jurusan Tanah Fakultas Pertanian Universitas Andalas Padang. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya perbaikan sifat fisika tanah dengan semakin tuanya umur tanaman gambir dari 2 tahun, menjadi 5 tahun dan 10 tahun. Sifat fisika tanah pada lapisan 0 – 20 cm lebih baik dari lapisan 20 – 40 cm. Peningkatan umur tanaman dari 2 tahun ke 10 tahun meningkatkan bahan organik tanah sebesar 1,84 % dan 1,19%, total ruang pori sebesar 5,63 % dan 5,94 %, permeabilitas sebesar 1,16 % dan 1,1 %, stabilitas agregat tanah sebesar 10,13 dan 4,54, dan menurunkan berat volume sebesar 0,15 g/cm3, dan 0,21 g/cm3, pada kedalaman 0 – 20 cm dan 20 – 40 cm, secara berturut – turut. Akan tetapi, sifat fisika tanah dibawah tanaman gambir sampai umur 10 tahun belum dapat sebagus sifat fisika tanah pada penggunaan lahan hutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Yulnafatmawita, MSc
Uncontrolled Keywords: Tanaman Gambir, Alih Fungsi Hutan, Umur Tanaman Gambir, Sifat Fisika Tanah
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 agroekoteknologi agroekoteknologi
Date Deposited: 24 Oct 2019 12:34
Last Modified: 24 Oct 2019 12:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/51320

Actions (login required)

View Item View Item