PENGARUH ASSESSMENT SELF EFFICACY TERHADAP COGNITIVE TEST ANXIETY PADA PESERTA SNBT 2025

Irawan, Jericho Anastasius (2025) PENGARUH ASSESSMENT SELF EFFICACY TERHADAP COGNITIVE TEST ANXIETY PADA PESERTA SNBT 2025. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (182kB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (48kB)
[img] Text (BAB 5 (Penutup))
BAB 5 (Penutup).pdf - Published Version

Download (20kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (215kB)
[img] Text (Skripsi Full text)
E-Skripsi_Pengaruh Assessment Self Efficacy Terhadap Cognitive Test Anxiety Pada Peserta Snbt 2025_Jericho Anastasius Irawan_2110322012.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tekanan yang dirasakan oleh peserta SNBT 2025 dapat menyebabkan individu mengalami kecemasan. Bentuk spesifik dari kecemasan yang muncul saat individu dihadapkan dengan situasi evaluatif adalah cognitive test anxiety, dimana kondisi emosional berupa rasa takut, gugup, atau cemas yang dialami oleh individu saat menghadapi tes atau ujian yang dianggap sulit dan menantang, seperti SNBT. Salah satu faktor yang memiliki kaitan erat dengan cognitive test anxiety adalah assessment self-efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh assessment self-efficacy terhadap cognitive test anxiety pada peserta SNBT 2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Responden dalam penelitian ini berjumlah 394 orang peserta SNBT 2025. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan sampel non-probability sampling dengan teknik convenience sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan skala Measure of Assessment Self-Efficacy (MASE) (α = .939) dan skala Cognitive Test Anxiety Scale (α = .877). Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji Regresi Linear Sederhana, didapatkan nilai p = .001 (p < .05), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan assessment self-efficacy terhadap cognitive test anxiety pada peserta SNBT 2025. Semakin tinggi assessment self-efficacy yang dimiliki oleh peserta SNBT 2025 maka semakin rendah cognitive test anxiety yang dimiliki. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan pula assessment self-efficacy berpengaruh sebesar 22% terhadap cognitive test anxiety pada peserta SNBT 2025.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Nelia Afriyeni, S.Psi, MA
Uncontrolled Keywords: Assessment self-efficacy, Cognitive test anxiety, Peserta SNBT 2025
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > S1 Psikologi
Depositing User: S1 Psikologi Psikologi
Date Deposited: 27 Oct 2025 08:04
Last Modified: 27 Oct 2025 08:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/513079

Actions (login required)

View Item View Item