Azwar, Apriandi (2014) Perancangan management games untuk sistem rantal pasok dengan mempertimbangkan aspek persaingan multi pabrik dan multi pasar studi kasijs : pabrik semen. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Skripsi Full Text)
S1 Teknik Teknik Industri 2014 Apriandi Azwar 1010932014.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Setiap perusahaan harus memiliki Keunggulan kompetitif yang dapat membedakan dengan perusahaan lainnya agar dapat bertahan dan bersaing. Keunggulan kompetitif diantaranya adalah strategi, diferensiasi dan strategi cost leadership. Strategi cost leadership memperhatikan biaya-biaya yang akan mempengaruhi keuntungan perusahaan. Apabila suatu perusahaan dapat menekan biaya harga jual akan dapat ditekan sehingga perusahaan tersebut berpeluang memenangkan pasar. Salah satu biaya tersebut merupakan biaya-biaya yang terdapat pada supply chain. Supply chain management berkaitan dengan upaya pengaturan aliran - aliran dari pemasok hingga berakhir di end-user. Terdapat tiga macam aliran pada supply chain yaitu aliran bahan, aliran informasi dan aliran uang. Persoalan yang berkaitan dengan aliran informasi ini adalah potensi terjadinya distorsi informasi yang menyebabkan terjadinya fenomena bullwhip effect. Bullwhip effect merupakan suatu keadaan dimana terjadinya perubahan permintaan dari customer, permintaan meningkat atau permintaan menurun. Pada tahun 1960-an Professor John Sterman dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) merancang sebuah permainan yang dinamakan dengan Beer Game. Beer game bertujuan untuk memperlihatkan terjadinya fenomena bullwhip effect sehingga semua stage supply chain menyadari akan pentingnya koordinasi antar stage pada supply chain. Persoalan nyata yang dihadapi pada supply chain tidak sesederhana beer game, dimana hanya terdapat satu rantai pasok dan satu pasar. Sedangkan pada kondisi nyata terdapat lebih dari satu supply chain yang bersaing di pasar yang berbeda. Di masing-massing pasar berlaku hukum supply dan demand. Jika supply meningkat, demand konstan maka harga jual di pasar akan menurun. Sebaliknya jika supply menurun sedangkan demand konstan maka harga jual akan naik. Kesuksesan suatu perusahaan tidak hanya ditunjukan oleh satu stage pada supply chain, melainkan dari seluruh stage supply chain. Karena itu semua stage pada supply chain harus memahami keterkaitan antara bullwhip effect dengan supply chain. salah satu cara yang dapat digunakan untuk menghadapi hal tersebut adalah dengan perancangan sebuah management games untuk sistem rantai pasok dengan mempertimbangkan aspek persaingan. Permainan ini memperlihatkan keterkaitan antara bullwhip effect terhadap supply chain, memperlihatkan dampak persaingan terhadap harga serta profit dari supply chain tersebut.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Henmaidi,Ph.D |
Uncontrolled Keywords: | Keunggulan Kompetitif, Supply Chain Management, Bullwhip effect. Supply, Demand, Profit |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri |
Depositing User: | Pustakawan Marne Dardanellen |
Date Deposited: | 13 Oct 2025 02:15 |
Last Modified: | 13 Oct 2025 02:15 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/512437 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |