Januardi, Fiki (2013) Analisis Finansial Peningkatan Fasilitas Lapangan Futsal Di Kota Padang. S1 thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Skripsi full teks)
S1 Teknik Industri 2013 Fiki Januardi 0810932050.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Sepakbola merupakan olahraga dengan peminat yang sangat banyak di seluruh dunia. Indonesia sendiri juga memiliki minat yang tinggi terhadap sepakbola, Hal ini dapat dilihat dari banyaknya jumlah klub sepakbola di Indonesia. Selain sepakbola biasa, olahraga sepakbola dalam ruangan atau yang lebih dikenal dengan nama futsal juga banyak diminati di Indonesia. Di Kota Padang sendiri olahraga futsal juga telah berkembang pesat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya bermunculan lapangan - lapangan futsal di Kota Padang. Pembangunan lapangan futsal di Kota Padang belum memiliki standar bangunan dan fasilitas yang harus dimiliki. Rancangan bangunan dan fasilitas yang ada hanya berdasarkan kesepakatan antara pemilik dengan pihak kontraktor. Hal ini mengakibatkan timbulnya keluhan - keluhan dari pengguna. Berdasarkan survei bebas yang dilakukan penulis terhadap 30 orang pemain futsal, terdapat 14 jenis keluhan yang dirasakan selama bermain futsal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen dan kemudian melakukan perbaikan berdasarkan keinginan keinginan konsumen. Data yang dikumpulkan adalah data Customer Requirement (CR), penilaian konsumen (tingkat kepentingan, kondisi saat ini, kondisi harapan) melalui kuesioner, dan data mengenai kondisi unit usaha yang diperoleh melalui diskusi dengan pemilik usaha. Data data tersebut kemudian diolah dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD) yang nantinya akan memberikan usulan - usulan perbaikan teknis kepada pihak pemilik usaha untuk kemudian diterapkan di lokasi penelitian. Dikarenakan adanya pengaruh dari biaya yang terlibat dalam perbaikan sistem, maka akan dilakukan perbandingan antara kondisi awal dengan kondisi setelah perbaikan dalam lingkup finansial untuk melihat pengaruh dari perbaikan yang dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan, dalam upaya meningkatkan kepuasan konsumen terdapat 21 jenis atribut kebutuhan konsumen yang harus dipenuhi, dan 36 jenis parameter teknik yang diperlukan. Penambahan fasilitas yang dilakukan membutuhkan biaya Rp. 18,351,500.00. Dengan melakukan peningkatan kepuasan konsumen, nantinya dalam analisis finansial terdapat peningkatan IRR sebesar 4,76%, peningkatan NPV sebesar Rp. 1,057,376,971.20, dan Payback Period lebih cepat 1,09 tahun.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Supervisors: | Lusi Susanti, Dr. Eng.; Dina Rahmayanti, M.Eng. |
| Uncontrolled Keywords: | Keluhan, kepuasan konsumen, QFD, finansial |
| Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri |
| Depositing User: | Pustakawan Marne Dardanellen |
| Date Deposited: | 06 Oct 2025 03:42 |
| Last Modified: | 06 Oct 2025 03:42 |
| URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/512204 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

Altmetric
Altmetric