STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (STUDIKASUS USAHA KOPI BUBUK CAP TIGA SENDOK DI KOTA PADANG)

MULTIADI, WANDHA (2013) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (STUDIKASUS USAHA KOPI BUBUK CAP TIGA SENDOK DI KOTA PADANG). S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Text)
S1 Teknik 2013 Wandha Multiadi 0810931014.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kopi bubuk Cap Tiga Sendok adalah salah satu industri kopi bubuk yang ada di Kota Padang. Usaha yang telah berdiri sejak tahun 1928 merupakan jenis usaha home industry yang memiliki 4 orang tenaga kerja dan kapasitas produksi terkecil diantara industri kopi bubuk formal yang ada di Kota Padang. Berkembangnya industri kopi bubuk mengakibatkan terjadinya peningkatan persaingan antara pelaku usaha dalam bidang int, baik antara industri kecil, menengah, dan industri berskala besar. Usaha Kopi Bubuk Cup Tiga Sendok memiliki kemampuan untuk melakukan promosi produk yang rendah, sehingga tidak mampu memasarkan produknya secara optimal dan pada akhirnya menyebabkan penurunan volume penjualan. Kopi bubuk Cap Tiga Sendok juga belum mampu dipasarkan di seluruh wilayah Kota Padang. Hal ini disebabkan oleh banyaknya pesaing dan memiliki kapasitas produksi terkecil diantara usaha kopi lainnya. Usaha kopi bubuk Cap Tiga Sendok harus mengatur strategi agar mampu mengembangkan usaha kopt bubuk Cap Tiga Sendok Pengembangan usaha kopi bubuk Cap Tiga Sendok memerlukan suatu perumusan strategi yang tepat agar strategi tersebut sesuai dengan kondisi dan kebutuhan perusahaan. Untuk itu dibutuhkan data-data yang menggambarkan pengaruh lingkungan eksternal dan linglingan internal terhadap usaha ini. Adapun data-data tersebut akan dildentifikasi dengan Matriks Evaluasi Faktor Internal (IFE) dan Matriks Evaluasi Faktor Eksternal (EFE). Pada Matriks IFE didapatkan skor bobot total sebesar 2,41 dan untuk Matriks EFE sebesar 2,46. Selanjutnya dilakukan perumusan strategi menggunakan Matriks Internal Eksternal (IE) dan diketahui posisi perusahaan berada pada sel V yang berarti posisi strategi usaha menjaga dan mempertahankan (hold and maintain). Diskusi partisipatif dilakukan dengan pemilik usaha untuk menentukan alternatif strategi yang relevan dan dapat digunakan sesuai keadaan dan kebutuhan usaha suat ini, diketahui bahwa alternatif strategi dapat diterapkan oleh usahakopi bubuk Cap 3 Sendok, kecuali strategi promosi melalui media internet. Hal ini dikarenakan sumberdaya manusia yang ada belum mampu untuk menggunakan internet tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: AFRl ADNAN. MT
Uncontrolled Keywords: industri, identifikasi, strategi
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri
Depositing User: Mrs Vivi Irawati
Date Deposited: 23 Sep 2025 08:51
Last Modified: 23 Sep 2025 08:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/511896

Actions (login required)

View Item View Item