ANALISIS PEMASARAN DAN TANGGAPAN KONSUMEN TERHADAP BEBERAPA JENIS SEMANGKA (MERAH, KDNING DAN LONJONG) DI KANAGARIAN KATAPING KECAMATAN BATANG ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

WAHYUNI, ELFIRA (2013) ANALISIS PEMASARAN DAN TANGGAPAN KONSUMEN TERHADAP BEBERAPA JENIS SEMANGKA (MERAH, KDNING DAN LONJONG) DI KANAGARIAN KATAPING KECAMATAN BATANG ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Text)
S1 Pertanian 2013 Elfira Wahyuni 0810222092.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemasaran dan tanggapan konsumen terhadap jenis semangka merah, semangka kuning dan semangka lonjong dari daerah Kanagarian Kataping. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus, dengan analisis data berupa analisis deskriptif dan kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah petani, pedagang dan konsumen yang terlibat dalam rantai pemasaran semangka merah, semangka kuning dan semangka lonjong dari petani sampel tersebut. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa saluran pemasaran semangka merah dan semangka kuning, berawal dari petani, kemudian berlanjut ke pedagang pengumpul, selanjutnya kepedagang pengecer, dan di teruskan ke pedagang buah olahan setelah itu sampai ke tangan konsumen. Saluran pemasaran semangka lonjong berawal dari petani, selanjutnya ke pedagang pengumpul, di teruskan ke pedagang pengecer dan kemudian langsung ke konsumen. Fungsi pemasaran yang dilakukan meliputi fungsi pertukaran yaitu kegiatan penjualan dan pembelian, fungsi fisik yaitu kegiatan pengangkutan, penyimpanan dan pengolahan, dan fungsi fasilitas seperti kegiatan informasi pasar, penanggungan resiko, grading dan pembiayaan. Margin pemasaran semangka merah, semangka kuning dan semangka lonjong terendah terdapat pada saluran pemasaran semangka Pola A. Daya serap pedagang terhadap semangka merah dan semangka lonjong lebih tinggi dibandingkan daya serap pedagang terhadap semangka kuning. Daya serap konsumen untuk semangka merah dan semangka lonjong lebih tinggi dibandingkan dengan daya serap konsumen terhadap semangka kuning. Dilihat dari rasa buah, konsumen sampel lebih memilih buah semangka lonjong, dengan rasa buah yang sangat manis. Dari segi warna daging buah, konsumen lebih memilih semangka lonjong yang daging buahnya bewarna sangat merah (lebih merah dari semangka merah). Dilihat dari harga buah semangka, konsumen sampel lebih memilih buah semangka merah, karena harga buah yang lebih murah dibandingkan harga buah semangka kuning dan semangka lonjong. Konsumen menyukai semangka merah, semangka kuning dan semangka lonjong, namun dari ketiga jenis semangka ini, konsumen sampel lebih menyukai semangka merah. Saran dari hasil penelitian ini adalah petani perlu membudidayakan ketiga jenis semangka (Merah, Kuning dan Lonjong). Sebaiknya varietas semangka yang dipilih oleh petani dalam berusahatani semangka adalah lebih banyak mengusahakan semangka merah dan semangka lonjong.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Ir. M. Refdinal, M.Si ; Nuraini Budi Astuti, S.P, M.Si
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Pustakawan Marne Dardanellen
Date Deposited: 18 Sep 2025 06:58
Last Modified: 18 Sep 2025 06:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/511793

Actions (login required)

View Item View Item