Wati, Liza (2014) Hubungan kualitas pelayanan keperawatan Dengan lovalitas pasien di ruang rawat inap Rsud kota tanjungpinang. S2 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Tesis Full Text)
S2 Pasca Sarjana Keperawatan 2014 Liza Wati 1220332040.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Pertumbuhan dan perubahan lingkungan eksternal menyebabkan persaingan terhadap mutu pelayanan antara rumah sakit secara global. Meningkatnya sosial ekonomi, pendidikan, perkembangan pola penyakit, teknologi kesehatan, dan trend berobat keluar negeri menjadi peluang sekaligus ancaman bagi rumah sakit dalam mempertahankan pasiennya. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan keperawatan dan dimensi tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty dengan loyalitas pasien diruang rawat inap RSUD Kota Tanjungpinang. Desain penelitian korelasional. Sampel 66 responden dengan propporsional random sampling. Alat ukur kuesioner dengan 43 pertanyaan. Analisis data univariat, korelasi Spearman dan regresi logistik ganda. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan keperawatan (p = 0,002), dimensi tangible (p = 0,011), reliability (p = 0,008), responsiveness (p = 0,002), dan assurance (p = 0,011) terdapat hubungan secara signifikan dengan loyalitas pasien, kekuatan hubungan cukup dan arah positif. Variabel yang paling dominan adalan responsiveness (OR 6,86). Manajemen keperawatan harus inovatif = mengembangkan strategi untuk meningkatkan loyalitas pasien.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Supervisors: | dr.Zulkarnian Edward.MS.PhD ; Emil Huriani. MS.PhD |
Uncontrolled Keywords: | kualitas, pelayanan keperawatan, loyalitas pasien Pustaka (1987-2014) |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Keperawatan > S2 Keperawatan |
Depositing User: | Naura Salsabila Afrizal |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 04:40 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 04:40 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/511739 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |