Terbukanya Peluang Penyelundupan iPhone Black Market di Kota Padang

Zulmi, Mickhael (2025) Terbukanya Peluang Penyelundupan iPhone Black Market di Kota Padang. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover&abstrak)
cover&abstrak.pdf - Published Version

Download (353kB)
[img] Text (bab 1)
Skripsi Bab 1 Mickhael Zulmi (1).pdf - Published Version

Download (468kB)
[img] Text (Bab IV)
Skripsi Bab IV Mickhael Zulmi.pdf - Published Version

Download (131kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Mickhael Zulmi.pdf - Published Version

Download (326kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Full Mickhael Zulmi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK MICKHAEL ZULMI, 1810813004. Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas Padang. Judul Skripsi: Terbukanya Peluang Penyelundupan Iphone Black Market di Kota Padang. Pembimbing Drs. Yulkardi, M. Si. iPhone black market merupakan iPhone yang diselundupkan ke dalam negeri tanpa melalui jalur resmi dan menghindari sistem perpajakan, berbeda dengan iPhone legal yang didistribusikan oleh distributor resmi yang tersertifikasi pemerintah. Selain itu, terdapat juga iPhone refurbished, yaitu iPhone bekas yang diperbaiki dan bisa berstatus legal atau black market. iPhone black market sering kali menyerupai produk asli namun tidak original, yang banyak diminati terutama oleh anak muda karena harganya yang lebih murah. Dalam era digital, pemasaran iPhone black market semakin mudah dilakukan melalui media sosial dan platform e-commerce, yang memungkinkan promosi global tanpa biaya tinggi dan tanpa perlu tatap muka. E-commerce menjadi sarana efektif pemasaran, selain rekomendasi dari teman atau komunitas. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan interaksi dualitas agen dan struktur dalam pemasaran iPhone black market di Kota Padang. Sedangkan tujuan khususnya adalah Mendeskripsikan faktor social constraining (membatasi) dan faktor social enabling (memungkinkan) dalam pemasaran iphone black market di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan teori strukturasi oleh Anthony Giddens. Pendekatan penelitian yang digunakan untuk memperoleh data adalah metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif, yang mana data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi dan pengumpulan data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa faktor social constraining atauyang membatasi pemasaran iPhone black market ini diantaranya norma sosial dan etika masyarakat, pengaruh hukum dan regulasi, kepercayaan konsumen terhadap garansi dan keamanan produk, kesadaran ekonomi dan daya beli konsumen, persaingan dengan produk resmi dan kredit pembelian, hambatan sosial yang dihadapi oleh agen. Sedangkan faktor social enabling atau yang memungkinkan dalam pemasaran iPhone black market ini ialah adanya gengsi sosial dan simbol status, normalisasi terjadinya praktik black market, pengaruh teman sebaya dan lingkungan sosial, kurangnya literasi konsumen, kesenjangan sosial dan ekonomi serta jaringan sosial dan relasi personal sebagai modal utama. Kata Kunci: Pemasaran, iPhone, Black Market.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Drs. Yulkardi, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pemasaran, iPhone, Black Market.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 04 Sep 2025 08:36
Last Modified: 08 Sep 2025 08:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/511334

Actions (login required)

View Item View Item