Rinaldi, Arif Farhan (2025) Pengelolaan Media Sosial Restoran Padang Payakumbuah (Studi Deskriptif Pada Akun Instagram @padangpayakumbuah). S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak Skripsi_Arif Farhan Rinaldi_2010862035.pdf - Published Version Download (999kB) |
![]() |
Text (Bab 1)
Bab 1 Skripsi_Arif Farhan Rinaldi_2010862035.pdf - Published Version Download (2MB) |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5_Arif Farhan Rinaldi_2010862035.pdf - Published Version Download (949kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Skripsi_Arif Farhan Rinaldi_2010862035.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text (Skripsi Full text)
Final Skripsi Arif Farhan Rinaldi_2010862035.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada pengelolaan media sosial Restoran Padang Payakumbuah dengan menggunakan akun Instagram @padangpayakumbuah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana akun tersebut mengimplementasikan kerangka The Circular Model of SoMe yang mencakup tahap Share, Optimize, Manage, dan Engage sebagai upaya untuk membangun dan memelihara hubungan relasional dengan komunitas digitalnya. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan deskriptif untuk membedah proses di balik layar yang dijalankan oleh tim pengelola. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan yang dijalankan bersifat sistematis dan terintegrasi. Tahap Share berhasil membangun kepercayaan awal melalui narasi budaya yang kuat dan konsistensi merek. Tahap Optimize diwujudkan melalui adaptasi konten berbasis data dan dialog autentik yang responsif terhadap umpan balik audiens. Proses Manage berjalan efektif dengan alur kerja terstruktur dan respons cepat, sementara tahap Engage sukses mendorong partisipasi melalui kampanye terukur dan kolaborasi selektif. Studi ini menyumbangkan pemahaman praktis dalam bidang social media management dan marketing communication, khususnya dalam penerapan The Circular Model of SoMe untuk membangun relational marketing dan digital community di industri kuliner berbasis budaya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 02:12 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 02:12 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/510973 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |