Gerardo, Steven (2025) MAKNA BUDAYA (SCENE) SKENA BAGI GEN Z DI KOTA PADANG. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (201kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (357kB) |
![]() |
Text (BAB PENUTUP KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB PENUTUP ( KESIMPULAN DAN SARAN).pdf - Published Version Download (78kB) |
![]() |
Text (BAb v)
BAB PENUTUP ( KESIMPULAN DAN SARAN).pdf - Published Version Download (78kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (148kB) |
![]() |
Text (SKRIPSI FULL)
ESKRIPSI WISUDAGERARD.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
GERARDO STEVEN, 2010812018. Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas Padang. Judul Skripsi: Makna Budaya Skena Bagi Gen Z Di Kota Padang Pembimbing I Prof. Dr. Damsar, MA, Pembimbing II Zuldesni, S.Sos MA Penelitian ini mengkaji skena musik dan fashion sebagai identitas kultural anak muda di Kota Padang. Berbeda dengan kota besar yang lebih heterogen, Padang memiliki karakter sosial-budaya homogen yang membuat skena hadir sebagai ruang alternatif ekspresi bagi Gen Z. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian menyoroti praktik musik, fashion, gigs, komunitas, dan coffee shop culture sebagai locus interaksi sosial. Hasilnya menunjukkan bahwa skena tidak sekadar tren populer, melainkan fenomena budaya kontemporer yang berfungsi membentuk identitas dan solidaritas kolektif. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara komprehensif bentuk tindakan Gen Z dalam budaya skena, lalu mengetahui makna skena bagi identitas Gen Z di Kota Padang, dan mendeskripsikan interaksi sosial yang mempengaruhi Gen Z daalam komunitas skena. Untuk menjawab tujuan penelitian diatas, maka penelitian ini akan menggunakan teori Interaksionisme Simbolik dari Herbert Blumer. Peneliti telah melakukan wawancara bersama 7 orang informan pelaku baik dari skena musik atau skena fashion dan 2 orang informan pengamat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif tipe deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini ditemukan terdapat dua komunitas skena yang populer di Kota Padang, yaitu skena fashion dan skena musik. Dalam skena fashion terdapat dua pola tindakan seperti menggunakan pakaian streetwear khas skena dan menggunakan fashion berdasarkan klasifikasi warna pakaian seperti cewe bumi, cewe kue, dan cewe mamba. Dalam skena musik terdapat dua pola tindakan seperti, mengikuti kegiatan skena musik dalam bentuk gigs dan konser musik lokal yang ada di Kota Padang. Menjawab tujuan penelitian ke-2 ditemukan makna skena bagi Gen Z di Kota Padang, yaitu skena menjadi budaya anti mainstream “si paling beda” dan kebebasan dalam memaknai identitas. Terakhir untuk menjawab tujuan penelitian ke-3 dijabarkan bagaimana interaksi sosial yang dialami oleh Gen Z melalui beberapa agen sosialisasi seperti, interaksi sosial melalui media sosial, interaksi sosial melalui pertemanan, dan interaksi sosial melalui komunitas skena yang ada di Kota Padang. Kata Kunci: Fashion, Gen Z, Identitas Sosial, Kota Padang, Musik, Skena.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi |
Depositing User: | s1 sosiologi sosiologi |
Date Deposited: | 03 Sep 2025 10:01 |
Last Modified: | 03 Sep 2025 10:01 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/510904 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |