Putri, Surya,Rahmi (2025) Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Brand Awareness pada Coffee Shop Suko Kopi di Kota Padang. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstract.pdf - Published Version Download (325kB) |
![]() |
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 ( Pendahuluan ).pdf - Published Version Download (355kB) |
![]() |
Text (Bab 5 (Penutup))
BAB 5 (Penutup).pdf - Published Version Download (263kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (246kB) |
![]() |
Text (Fulltext Skripsi)
fulltext e-skripsi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Strategi pemasaran digital melalui media sosial berperan penting dalam meningkatkan brand awareness, karena memudahkan konsumen untuk mengenali dan mengingat suatu brand, sehingga dapat meningkatkan kemungkinan konsumen dalam memilih produk tersebut. Suko Kopi, sebagai salah satu coffee shop yang sedang berkembang, telah aktif menggunakan Instagram sejak awal berdirinya. Namun, saat ini Suko Kopi hanya mengalami peningkatan penjualan saat promosi atau di akhir pekan, sementara interaksi di media sosial masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pemanfaatan Instagram sebagai salah satu media pemasaran digital Suko Kopi, (2) mengukur tingkat brand awareness Suko Kopi, dan (3) menganalisis pengaruh media sosial terhadap brand awareness di kalangan konsumen target. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi deskriptif kualitatif, statistik deskriptif, dan Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Suko Kopi telah memanfaatkan Instagram sebagai saluran pemasaran digital melalui strategi pemasaran konten dengan tujuan peningkatan brand awareness dan penjualan. Konten relevan dibuat oleh tim internal dengan perhatian pada jadwal unggahan dan estetika visual. Instagram menjadi saluran utama distribusi, menggabungkan owned, paid, dan earned media. Evaluasi performa dilakukan dengan memantau metrik keterlibatan dan dampaknya terhadap penjualan, serta terus memperbaiki konten agar tetap relevan dengan audiens.Tingkat brand awareness menunjukkan bahwa Suko Kopi berada pada tahap brand recognition, di mana mayoritas responden mengenali merek ini, namun belum menjadikannya sebagai pilihan utama. Penelitian ini menunjukkan bahwa aspek communication dan connection di Instagram memiliki pengaruh signifikan terhadap brand awareness pada tingkat 10%, sementara aspek lainnya, seperti context dan collaboration tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Yuerlita, S.Si., M.Si., Ph.D. ; Ir. Syahyana Raesi, M.Sc |
Uncontrolled Keywords: | Brand Awareness; Coffee Shop; Instagram; Komunikasi; Pemasaran Digital |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis |
Depositing User: | s1 agribisnis agribisnis |
Date Deposited: | 03 Sep 2025 06:32 |
Last Modified: | 03 Sep 2025 06:32 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/510738 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |