Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Usaha Olahan Keripik Balado 4x7 Di Kota Padang

Agung, Yahya (2025) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Usaha Olahan Keripik Balado 4x7 Di Kota Padang. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK (1).pdf - Published Version

Download (291kB)
[img] Text (Bab I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (397kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text
Daftar Pustaka (1).pdf

Download (292kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
FINAL AGUNG SKRIPSI FULL TEXT-halaman-digabungkan_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penurunan tren penjualan selama lima tahun terakhir pada usaha Keripik Balado 4x7 di Kota Padang, meskipun permintaan terhadap produk keripik balado secara umum masih tinggi. Kondisi ini menunjukkan adanya kesenjangan antara potensi pasar dan kinerja penjualan, sehingga diperlukan kajian terhadap faktor-faktor pemasaran yang mempengaruhi perilaku konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi proses pengambilan keputusan pembelian konsumen dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran (produk, harga, tempat, promosi, orang, proses) terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi linier berganda. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 42 responden yang merupakan konsumen usaha tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen membeli keripik balado karena ingin mencoba rasa khas atau sebagai oleh-oleh. Informasi diperoleh melalui media sosial, rekomendasi teman, dan pengalaman pribadi. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan produk berdasarkan harga, rasa, dan kemasan. Secara simultan, variabel dalam bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial, variabel produk, harga, tempat, orang, dan proses berpengaruh signifikan, sedangkan promosi tidak berpengaruh. Temuan ini menunjukkan pentingnya optimalisasi strategi pemasaran yang terintegrasi, dengan fokus pada elemenelemen yang terbukti berpengaruh, untuk meningkatkan efektivitas keputusan pembelian konsumen dan daya saing usaha di pasar.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Prof. Ir. Rahmat Syahni Zakaria M.S., M.Sc., Ph.D. ; Dr. Zednita Azriani S.P., M.Si
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran ; Keputusan Pembelian ; Konsumen ; UMKM ; Keripik Balado 4x7
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 03 Sep 2025 02:30
Last Modified: 03 Sep 2025 02:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/510478

Actions (login required)

View Item View Item