Pengaruh Informasi Di Tiktok Terhadap Niat Pembelian Skintific Menggunakan Information Acceptance Model (IACM)

Annisa, Mulia Utami (2025) Pengaruh Informasi Di Tiktok Terhadap Niat Pembelian Skintific Menggunakan Information Acceptance Model (IACM). S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text
Cover dan abstrak.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB 1 Pendahuluan.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB 5 Penutup.pdf

Download (252kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (270kB)
[img] Text (Skripsi full Text)
Skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh informasi di TikTok terhadap niat pembelian produk Skintific dengan menggunakan Information Acceptance Model (IACM). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik survei terhadap 398 responden yang merupakan pengguna aktif TikTok berusia minimal 18 tahun dan pernah melihat konten mengenai Skintific. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sedangkan analisis data dilakukan dengan Structural Equation Modeling berbasis Partial Least Squares (SEMPLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Information Quality (β = 0,286; p < 0,001), Needs of Information (β = 0,206; p < 0,001), dan Attitude towards Information (β = 0,417; p < 0,001) berpengaruh positif signifikan terhadap Information Usefulness. Sebaliknya, Information Credibility (β = 0,059; p = 0,144) tidak berpengaruh signifikan terhadap Information Usefulness. Selanjutnya, Information Usefulness berpengaruh signifikan terhadap Information Adoption (β = 0,751; p < 0,001), dan Information Adoption berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention (β = 0,752; p < 0,001). Nilai R² untuk Information Usefulness sebesar 0,679, Information Adoption sebesar 0,565, dan Purchase Intention sebesar 0,565, yang menunjukkan bahwa model ini mampu menjelaskan variasi niat beli secara moderat hingga kuat. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa kualitas, kebutuhan, dan sikap terhadap informasi di TikTok terbukti meningkatkan kegunaan informasi yang kemudian diadopsi oleh konsumen hingga mendorong niat beli produk Skintific. Namun, kredibilitas informasi tidak berpengaruh signifikan, yang berarti konsumen TikTok lebih memperhatikan relevansi dan kemasan konten dibanding sumber informasi.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Revi Marta, S.Sos, M.I.Kom
Uncontrolled Keywords: Information Acceptance Model (IACM), Media Sosial, Skincare Skintific, Tiktok
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 03 Sep 2025 03:14
Last Modified: 03 Sep 2025 03:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/510428

Actions (login required)

View Item View Item