Annisa, Mulia Utami (2025) Pengaruh Informasi Di Tiktok Terhadap Niat Pembelian Skintific Menggunakan Information Acceptance Model (IACM). S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text
Cover dan abstrak.pdf Download (352kB) |
![]() |
Text
BAB 1 Pendahuluan.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
BAB 5 Penutup.pdf Download (252kB) |
![]() |
Text
Daftar pustaka.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text (Skripsi full Text)
Skripsi fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh informasi di TikTok terhadap niat pembelian produk Skintific dengan menggunakan Information Acceptance Model (IACM). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik survei terhadap 398 responden yang merupakan pengguna aktif TikTok berusia minimal 18 tahun dan pernah melihat konten mengenai Skintific. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sedangkan analisis data dilakukan dengan Structural Equation Modeling berbasis Partial Least Squares (SEMPLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Information Quality (β = 0,286; p < 0,001), Needs of Information (β = 0,206; p < 0,001), dan Attitude towards Information (β = 0,417; p < 0,001) berpengaruh positif signifikan terhadap Information Usefulness. Sebaliknya, Information Credibility (β = 0,059; p = 0,144) tidak berpengaruh signifikan terhadap Information Usefulness. Selanjutnya, Information Usefulness berpengaruh signifikan terhadap Information Adoption (β = 0,751; p < 0,001), dan Information Adoption berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention (β = 0,752; p < 0,001). Nilai R² untuk Information Usefulness sebesar 0,679, Information Adoption sebesar 0,565, dan Purchase Intention sebesar 0,565, yang menunjukkan bahwa model ini mampu menjelaskan variasi niat beli secara moderat hingga kuat. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa kualitas, kebutuhan, dan sikap terhadap informasi di TikTok terbukti meningkatkan kegunaan informasi yang kemudian diadopsi oleh konsumen hingga mendorong niat beli produk Skintific. Namun, kredibilitas informasi tidak berpengaruh signifikan, yang berarti konsumen TikTok lebih memperhatikan relevansi dan kemasan konten dibanding sumber informasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Revi Marta, S.Sos, M.I.Kom |
Uncontrolled Keywords: | Information Acceptance Model (IACM), Media Sosial, Skincare Skintific, Tiktok |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 03 Sep 2025 03:14 |
Last Modified: | 03 Sep 2025 03:14 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/510428 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |