Fandom ARMY Sebagai Agen Diplomasi Publik Korea Selatan di Indonesia

Fariza, Sahida Salma (2025) Fandom ARMY Sebagai Agen Diplomasi Publik Korea Selatan di Indonesia. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (469kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (881kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (590kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (624kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
E-SKRIPSI SALMA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Popularitas K-Pop tidak terlepas dari kontribusi para penggemar di seluruh dunia yang aktif mendukung idolanya. Fandom ARMY yang merupakan komunitas penggemar dari boyband BTS menjadi salah satu fandom terbesar di dunia. Fandom ini melakukan berbagai aktivitas berupa pertukaran informasi dan budaya, salah satunya melalui platform X. Aktivitas-aktivitas penjangkauan publik yang dilakukan oleh ARMY terlihat sebagai aktivitas diplomasi publik. Namun, diperlukan penelitian lanjutan dengan menjadikan arahan konseptual sebagai acuan. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas tersebut sebagai aktivitas diplomasi publik sehingga ARMY dapat dikatakan sebagai agen diplomasi publik Korea Selatan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan kerangka konseptual diplomasi publik relasional oleh Kadir J. Ayhan yang terdiri dari indikator hubungan masyarakat dan dialog. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data crawling dari tweet fandom ARMY di platform X yang kemudian dianalisis menggunakan open coding dan axial coding berdasarkan kerangka konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diplomasi publik relasional yang dilakukan oleh ARMY hanya dilakukan kepada sesama mereka, tidak langsung kepada publik. Selain itu, meskipun diplomasi tersebut memang dilakukan kepada sesama mereka, temuan menunjukkan bahwa aktivitas tersebut tidak memenuhi semua aspek diplomasi publik relasional yang disampaikan oleh Ayhan, justru temuan baru terkait ikatan emosional fandom ARMY dan BTS menjadi mayoritas temuan penelitian.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr. Sofia Trisni, S.IP., MA(IntRel) ; Silvi Cory, S.Pd, M.Si
Uncontrolled Keywords: Diplomasi Publik; Korea Selatan; Indonesia; BTS; Fandom ARMY
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Hubungan Internasional
Depositing User: s1 ilmu hubungan internasional
Date Deposited: 03 Sep 2025 03:15
Last Modified: 03 Sep 2025 03:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/510223

Actions (login required)

View Item View Item