Komunikasi Pemasaran By.U Oleh Telkomsel Branch Bukittinggi dalam Meningkatkan Market Share Pada Youth Segment di Kota Bukittinggi

Adizha, Tiara (2025) Komunikasi Pemasaran By.U Oleh Telkomsel Branch Bukittinggi dalam Meningkatkan Market Share Pada Youth Segment di Kota Bukittinggi. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (280kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (357kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS.pdf - Published Version

Download (245kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V.pdf - Published Version

Download (185kB)
[img] Text (FULL TEXT SKRIPSI TIARA ADIZHA)
SKRIPSI TIARA ADIZHA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Ketatnya persaingan industri telekomunikasi di Indonesia, mendorong perusahaan untuk berinovasi mempertahankan eksistensinya. PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi terdepan menghadirkan kartu by.U sebagai produk yang menyasar youth segment sebagai segmen potensial. Memenangkan segmen potensial penting bagi Telkomsel untuk meningkatkan market share agar tetap unggul dibanding kompetitor dan mempertahankan posisinya di industri telekomunikasi. Oleh karena itu, diperlukan komunikasi pemasaran yang tepat dalam menjangkau youth segment dan meningkatkan market share by.U di segmen ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas komunikasi pemasaran Telkomsel Branch Bukittinggi dalam memasarkan produk by.U kepada youth segment di Kota Bukittinggi, dengan pendekatan teori komunikasi pemasaran terpadu (Integrated Marketing Communication), serta mengidentifikasi tantangan-tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Telkomsel Branch Bukittinggi memadukan berbagai elemen promosi dalam kerangka IMC, seperti event dan experience marketing, personal selling, sales promotion, sponsorship, word of mouth, hingga interactive marketing. Namun, promosi berbasis event dan experience terlihat menjadi elemen paling dominan dan efektif dalam meningkatkan market share by.U di youth segment. Sementara itu, penggunaan media sosial Instagram sebagai bentuk interactive marketing masih belum dioptimalkan, terlihat dari rendahnya keterlibatan (engagement) dan aktivitas dari akun yang digunakan. Adapun tantangan yang dihadapi Telkomsel Branch Bukittinggi mencakup kurangnya brand awareness, persaingan antar kompetitor, resistensi dari institusi pendidikan, serta kesenjangan literasi digital di kalangan target market yang turut memengaruhi efektivitas penyampaian pesan.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr. Rahmi Surya Dewi, M.Si: Rinaldi, M.I.Kom.
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran, Youth Segment, Market Share
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 03 Sep 2025 07:09
Last Modified: 03 Sep 2025 07:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/510157

Actions (login required)

View Item View Item