Amnedyo, Naufal Tsaqib (2025) Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien pada Farmasi Semen Padang Hospital. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (833kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (481kB) |
![]() |
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version Download (290kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (247kB) |
![]() |
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan farmasi di Semen Padang Hospital dan mengevaluasi pengaruhnya terhadap kepuasan pasien. Metode yang digunakan meliputi ServQual untuk mengidentifikasi kesenjangan antara harapan pasien dan pelayanan yang diterima serta Importance Performance Analysis (IPA) untuk menentukan prioritas perbaikan berdasarkan analisis kesenjangan dan kinerja. Penelitian ini melibatkan 100 responden yang dipilih menggunakan metode Taro Yamane dengan toleransi kesalahan sebesar 10%. Hasil penelitian menunjukkan adanya kesenjangan signifikan pada dimensi responsivitas dan empati yang mempengaruhi kepuasan pasien, terutama terkait waktu tunggu obat yang terlalu lama, ketidaksesuaian nomor antrian, dan kurangnya fasilitas yang memadai. Hasil analisis dengan menggunakan metode ServQual menunjukkan adanya kesenjangan terbesar pada dimensi responsivitas, khususnya terkait dengan waktu tunggu obat yang melebihi standar yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan (30 menit untuk resep non-racikan dan 60 menit untuk resep racikan). Hasil analisis IPA menunjukkan bahwa atribut yang terkait dengan waktu tunggu obat, kecepatan pelayanan, dan kejelasan informasi mengenai waktu layanan farmasi berada pada Kuadran I (Concentrate Here), yang mengindikasikan prioritas tinggi untuk perbaikan segera. Dimensi empati juga menjadi perhatian penting karena menyangkut perhatian terhadap kebutuhan emosional pasien, yang sangat mempengaruhi kepuasan mereka. Penelitian ini berkontribusi dalam memberikan dasar perbaikan mutu pelayanan farmasi di Semen Padang Hospital, dengan beberapa usulan perbaikan yang meliputi optimasi sistem antrian, peningkatan kompetensi petugas farmasi, serta perbaikan alur pelayanan untuk mengurangi waktu tunggu. Penerapan perbaikan ini diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pasien dan memenuhi standar pelayanan yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Difana Meilani, S.T.,MISD |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, ServQual, IPA. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri |
Depositing User: | S1 Teknik Industri |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 07:12 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 07:12 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/509933 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |