Dewi Virnanshia, Anwar (2025) PENERAPAN PRINSIP SYARIAH PADA PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN DALAM TRANSAKSI BERBASIS SYARIAH OLEH BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) KOTA PADANG. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (70kB) |
![]() |
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version Download (386kB) |
![]() |
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version Download (147kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (162kB) |
![]() |
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan transaksi ekonomi syariah di Indonesia membawa konsekuensi terhadap meningkatnya potensi sengketa antara konsumen dengan pelaku usaha. Permasalahan muncul ketika mendesaknya kebutuhan akan penyelesaian sengketa yang efektif dan sesuai dengan niali-nilai prinsip syariah. Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Padang merupakan salah satu lembaga yang berperan penting dalam menyelesaikan sengketa konsumen. Namun, yang menimbulkan persoalan ketika berbagai sengketa yang masuk ke BPSK, lembaga ini tidak memilah dan tidak mengkategorikan menjadj sengketa baik yang bersifat umum, maupun syariah. BPSK juga menyelesaikan dengan pendekatan yang sama untuk seluruh jenis sengketa. Hal ini menimbulkan persoalan, Ketika sengketa yang melibatkan transaski syariah diselesaikan dengan penedekatan yang tidak mempertimbangkan aspek syariah secara substansial. Ketidaksesuaian ini menimbulkan pertanyaan mengenai kepastian hukum dan ketepatan forum dalam penyelesaian sengketa. Atas hal tersebut, maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah : 1. Bagaimana penerapan prinsip syariah pada proses penyelesaian sengketa konsumen berbasis syariah yang dilakukan oleh Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Padang? 2. Apa saja hambatan yang dihadapi oleh komisioner BPSK Kota Padang dalam menangani sengketa konsumen pada transaksi yang berbasis syariah di Kota Padang? Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis secara empiris bagaimana BPSK Kota Padang menangani sengketa konsumen syariah, serta untuk mengetahui sejauh mana pemahaman dan kesiapan lembaga ini dalam menghadapi permasalahan berlandaskan prinsip-prinsip syariah. Penelitian ini menggunakan metode empiris dengan pendekatan kualitatif, melalui wawancara dengan pihak BPSK dan studi dokumen atas kasus yang ditangani. Hasil penelitian dari penelitian ini memperlihatkan bahwa pendekatan BPSK dalam menyelesaikan sengketa masih belum optimal, serta masih mengabaikan prinsip-prinsip syariah. Para komisoner pun masih menghadapi kendala dalam pemahaman substansi syariah dan ketiadaan pedoman khusus dalam menyelesaikan sengketa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Hj. Ulfanora, S.H., M.H. Dr. Devianty Fitri, S.H., M.Hum. |
Uncontrolled Keywords: | Sengketa Konsumen Syariah, BPSK, Penyelesaian Sengketa |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Hukum |
Depositing User: | S1 Ilmu Hukum |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 03:15 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 03:15 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/509550 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |