Pengembangan Sistem Layanan Mandiri Perpustakaan Aplikasi Senayan Library Management System (SLiMS) pada Peminjaman dan Pengembalian Buku (Studi Kasus: Perpustakaan SMA Negeri 3 Padang)

Nurhikmah, Alia (2025) Pengembangan Sistem Layanan Mandiri Perpustakaan Aplikasi Senayan Library Management System (SLiMS) pada Peminjaman dan Pengembalian Buku (Studi Kasus: Perpustakaan SMA Negeri 3 Padang). S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (440kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (285kB)
[img] Text (BAB akhir)
BAB akhir.pdf - Published Version

Download (204kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (236kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Diera digital, perpustakaan dituntut untuk mengadopsi sistem informasi yang dapat meningkatkan kinerja manajemen perpustakaan. Perpustakaan yang mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi akan dapat menjaga eksistensinya di tengah era digital. Perpustakaan SMA Negeri 3 Padang telah menerapkan sistem informasi perpustakaan dalam manajemen perpustakaan. Sistem informasi yang digunakan adalah aplikasi Senayan Library Management System (SLiMS) versi 9 Bulian. Dalam pelaksanaannya, perpustakaan SMA Negeri 3 Padang memiliki beberapa kendala, yaitu terjadinya antrean panjang saat jam-jam sibuk dan beban kerja yang tinggi bagi seorang petugas perpustakaan yang aktif mengoperasikan sistem. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sistem layanan mandiri perpustakaan aplikasi SLiMS pada peminjaman dan pengembalian buku di perpustakaan SMA Negeri 3 Padang. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode waterfall. Pengujian sistem dilakukan dengan menerapkan metode black box testing untuk menguji fungsionalitas sistem, serta uji performa sistem untuk mengukur waktu pemrosesan transaksi. Hasil penelitian ini adalah sistem layanan mandiri perpustakaan aplikasi SLiMS pada peminjaman dan pengembalian buku. Sistem ini memberikan peluang bagi anggota perpustakaan untuk meminjam dan mengembalikan buku secara mandiri tanpa bergantung pada petugas. Berdasarkan hasil pengujian, waktu transaksi peminjaman dan pengembalian berkurang sebesar 54,5% setelah penerapan sistem. Dengan penurunan tersebut, sistem ini terbukti mampu mengurangi antrean panjang di meja pelayanan petugas perpustakaan, memperluas peluang waktu layanan bagi anggota, serta mengurangi beban kerja yang tinggi bagi petugas perpustakaan

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Ullya Mega Wahyuni, M. Kom ; Afriyanti Dwi Kartika, M. T
Uncontrolled Keywords: Layanan Mandiri; Peminjaman dan Pengembalian Buku; SLiMS 9 Bulian
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > S1 Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 02 Sep 2025 04:35
Last Modified: 02 Sep 2025 04:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/509239

Actions (login required)

View Item View Item