Perancangan Model Strategi Digital Marketing pada Keripik Nanas Usaha Baru Ibu dengan Pendekatan Grounded Theory

Yudhy, Soneta Putra (2025) Perancangan Model Strategi Digital Marketing pada Keripik Nanas Usaha Baru Ibu dengan Pendekatan Grounded Theory. S2 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
Cover & Abstrak Tesis Yudhy Soneta Putra.pdf - Published Version

Download (290kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan Tesis Yudhy Soneta Putra.pdf

Download (677kB)
[img] Text (BAB Akhir dan Kesimpulan)
Bab Akhir Tesis Yudhy Soneta Putra.pdf

Download (387kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Tesis Yudhy Soneta Putra.pdf

Download (509kB)
[img] Text (Full Text)
Tugas Akhir Ilmiah utuh Yudhy Soneta Putra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Keripik Nanas adalah makanan ringan dengan cita rasa yang khas dan masih jarang dijumpai, dengan berharap keuntungan yang besar pelaku usaha mulai menggeluti bisnis ini. Saat ini, melalui media sosial dan platform marketplace, para pelaku usaha telah memasarkan produk keripik nanas dengan berbagai variasi merek dan kemasan. Potensi usaha ini cukup besar, namun dibutuhkan strategi yang tepat agar tetap menarik minat konsumen dan mampu bersaing di pasar. Usaha Baru Ibu merupakan salah satu pelaku usaha keripik nanas yang berlokasi di Kabupaten Kampar, tepatnya di Jalan Raya Pekanbaru - Bangkinang, Riau. Usaha ini termasuk dalam kategori industri kecil dan menengah karena memiliki omzet yang masih terbatas serta jumlah tenaga kerja yang sedikit. Dalam operasionalnya, Usaha Baru Ibu menghadapi beberapa hambatan, antara lain rendahnya tingkat pengenalan produk di kalangan masyarakat serta metode promosi yang masih bersifat tradisional. Usaha ini hanya menggunakan spanduk sebagai media promosi, mereka tidak melakukan promosi lain untuk memperkenalkkan produknya. Transaksi jualbeli terjadi jika konsumen datang ke toko. Penelitian ini bertujuan untuk merancang model strategi digital marketing yang sesuai dengan kondisi usaha tersebut menggunakan pendekatan Grounded Theory. Metode ini digunakan untuk mengidentifikasi dan membangun model strategi pemasaran yang efektif berdasarkan data lapangan. Dari 15 variabel yang paling berpengaruh, terdapat 7 variabel inti yang harus diperhatikan pada saat perancangan model strategi digital marketing adalah ketersediaan teknologi, kemampuan, infrastruktur pendukung, kesiapan sumber daya manusia, keunikan produk, harapan pelanggan dan media sosial pelanggan.

Item Type: Thesis (S2)
Supervisors: Alizar Hasan
Uncontrolled Keywords: : Keripik Nanas, Digital Marketing, Grounded Theory, Perancangan Model strategi digital marketing.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > S2 Teknik Industri
Depositing User: S2 Teknik Industri
Date Deposited: 29 Aug 2025 08:37
Last Modified: 29 Aug 2025 08:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/507735

Actions (login required)

View Item View Item