Pengaruh Identitas Keagamaan dan Persepsi Kinerja Ekonomi Terhadap Perilaku Memilih Masyarakat Kota Padang Pada Pemilihan Presiden Tahun 2024

Okliyani, Windicha (2025) Pengaruh Identitas Keagamaan dan Persepsi Kinerja Ekonomi Terhadap Perilaku Memilih Masyarakat Kota Padang Pada Pemilihan Presiden Tahun 2024. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (532kB)
[img] Text (Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (380kB)
[img] Text (Bab Akhirr)
Bab Akhir.pdf - Published Version

Download (283kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (247kB)
[img] Text (Fulltext)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh identitas keagamaan dan persepsi kinerja ekonomi pemerintahan Presiden Jokowi terhadap perilaku memilih masyarakat Kota Padang pada Pemilihan Presiden 2024. Fenomena dominannya pasangan Anies-Muhaimin di Kota Padang, yang kontras dengan tren nasional, menjadi latar belakang utama penelitian ini. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatif dan bersifat cross-sectional. Data dikumpulkan melalui survei dengan teknik probability sampling dan dianalisis menggunakan regresi logistik biner. Teori utama yang digunakan adalah konsep kesalehan dalam Islam untuk menjelaskan pengaruh identitas keagamaan, dan teori economic voting untuk menjelaskan pengaruh persepsi kinerja ekonomi terhadap preferensi politik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua variabel independen identitas keagamaan dan persepsi terhadap kinerja ekonomi berpengaruh signifikan terhadap perilaku memilih. Identitas keagamaan, yang direpresentasikan oleh tingkat religiusitas tinggi masyarakat Minangkabau, mendorong pemilih untuk mendukung pasangan calon yang diasosiasikan dengan nilai-nilai Islam. Di sisi lain, persepsi negatif terhadap kinerja ekonomi pemerintahan Jokowi memperkuat kecenderungan untuk memilih pasangan oposisi. Kedua temuan ini menegaskan bahwa faktor identitas dan ekonomi memiliki peran penting dalam membentuk pilihan politik, khususnya dalam konteks lokal yang religius dan konservatif seperti Kota Padang.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr. Irawati, MA dan Andhik Beni Saputra, S.IP, MA
Uncontrolled Keywords: Perilaku Memilih; Identitas Keagamaan; Persepsi Ekonomi; Pemilihan Presiden Tahun 2024; dan Kota Padang.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Politik
Depositing User: s1 ilmu politik
Date Deposited: 26 Aug 2025 08:34
Last Modified: 26 Aug 2025 08:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/505775

Actions (login required)

View Item View Item