Pengaruh Pemberian Campuran Daun Ubi Kayu dan Bungkil Inti Sawit yang Difermentasi dengan Bacillus amyloliquefaciens dalam Ransum terhadap Bobot Hidup, Persentase Lemak Abdomen, dan Persentase Karkas pada Ayam Broiler

Fajri, Akmal (2019) Pengaruh Pemberian Campuran Daun Ubi Kayu dan Bungkil Inti Sawit yang Difermentasi dengan Bacillus amyloliquefaciens dalam Ransum terhadap Bobot Hidup, Persentase Lemak Abdomen, dan Persentase Karkas pada Ayam Broiler. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak Fajri Akmal.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2. BAB I Fajri Akmal.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
3. BAB V Fajri Akmal.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka Fajri Akmal.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Fajri Akmal (1510611040 - Peternakan).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari pemberian campuran daun ubi kayu dan bungkil inti sawit yang difermentasi dengan Bacillus amyloliquefaciens dalam ransum terhadap bobot hidup, persentase lemak abdomen, dan persentase karkas pada ayam broiler. Penelitian ini dilakukan di kandang Laboratorium Percobaan Fakultas Peternakan Universitas Andalas pada 14 Februari - 2 Mei 2019. Penelitian ini menggunakan 100 ekor ayam broiler umur 1 hari strain Lohmann galur MB-202. Kandang yang digunakan sebanyak 20 unit berukuran 80×80×60 cm3. Masing- masing kotak diisi dengan 5 ekor ayam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan yaitu R1 (0% DUKBIS-F), R2 (4,5% DUKBIS-F), R3 (9% DUKBIS-F), R4 (13,5% DUKBIS-F), dan R5 (18% DUKBIS-F) dengan 4 kali ulangan. Penelitian ini dilakukan selama 28 hari. Peubah yang diamati adalah bobot hidup, persentase lemak abdomen, dan persentase karkas. Hasil analisis keragaman menunjukkan bahwa penggunaan DUKBIS-F dengan Bacillus amyloliquefaciens sampai 18% dalam ransum memberikan pengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap bobot hidup dan persentase karkas, tetapi berpengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap persentase lemak abdomen. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan sampai level 18% dalam ransum tidak dapat digunakan karena menurunkan bobot hidup, persentase lemak abdomen, dan persentase karkas pada ayam broiler. Kata Kunci : Daun Ubi Kayu, Bungkil Inti Sawit, Bacillus amyloliquefaciens, Bobot Hidup, Persentase Karkas, Persentase Lemak Abdomen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Yose Rizal, M.Sc
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 23 Oct 2019 15:33
Last Modified: 23 Oct 2019 15:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/50443

Actions (login required)

View Item View Item