DETEKSI SINGLE NUCLEOTIDE POLYMORPHISM (SNP) GEN CYP3A4 PADA PASIEN KANKER PAYUDARA DENGAN METODE POLYMERASE CHANGE REACTION-RESTRICTION FRAGMENT LENGTH POLYMORPHISM (PCR-RFLP)

Zahrizah, Ramadania (2019) DETEKSI SINGLE NUCLEOTIDE POLYMORPHISM (SNP) GEN CYP3A4 PADA PASIEN KANKER PAYUDARA DENGAN METODE POLYMERASE CHANGE REACTION-RESTRICTION FRAGMENT LENGTH POLYMORPHISM (PCR-RFLP). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Protein sitokrom P450 3A (CYP3A4) adalah enzim jenis monooksigenase yang mengkatalis reaksi-reaksi metabolisme obat serta sintesis kolesterol, steroid dan jenis lipid lainnya. Polimorfisme pada gen pengkode enzim ini (CYP3A4) mempengaruhi respon individu terhadap obat-obatan yang digunakan dalam terapi kanker payudara. Alel CYP3A4* 22 terkait dengan rendahnya level ekspresi CYP3A4 di hati dan respon terapi obat yang berbeda pada pasien kanker payudara. Penentuan keberadaan CYP3A4* 22 pada pasien sebelum pengobatan kanker payudara sangat penting dilakukan, khususnya untuk pasien kanker payudara menggunakan metode cepat, spesifik dan ekonomis. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah mendeteksi CYP3A4* 22 dengan kode dbSNP rs35599367 pada pasien kanker payudara. Genomik DNA hasil isolasi dari 23 sampel jaringan kanker payudara digunakan pada penelitian ini. Primer yang dirancang khusus untuk penentuan CYP3A4* 22. Produk PCR dengan panjang 650 bp dipotong dengan enzim restriksi BseYI dan kemudian menghasilkan fragmen DNA dengan panjang 340, 221, dan 89 bp untuk wild type dan 429, dan 221 bp untuk mutant. Metode PCR-RFLP yang dikembangkan berhasil mendeteksi satu dari dua puluh tiga sampel merupakan varian CYP3A4* 22 heterozigot. Primer yang dirancang dan enzim restriksi yang dipilih berhasil digunakan untuk metoda PCR-RFLP sebagai pendeteksi SNP CYP3A4* 22 pada sampel jaringan kanker payudara secara cepat, spesifik dan ekonomis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. rer. nat. Syafrizayanti
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 23 Oct 2019 15:36
Last Modified: 23 Oct 2019 15:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/50374

Actions (login required)

View Item View Item