PENGARUH SUBSTITUSI DEDAK PADI DENGAN KULIT UBI KAYU DALAM RANSUM SAPI PERAH TERHADAP JUMLAH ZAT-ZAT MAKANAN YANG DAPAT DICERNA

Arni, Widiastuti (2019) PENGARUH SUBSTITUSI DEDAK PADI DENGAN KULIT UBI KAYU DALAM RANSUM SAPI PERAH TERHADAP JUMLAH ZAT-ZAT MAKANAN YANG DAPAT DICERNA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Text (Cover dan Abstrak).pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Text (BAB I).pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
Text (BAB V).pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Text (Daftar Pustaka).pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh substitusi dedak padi dengan kulit ubi kayu dalam ransum sapi perah terhadap jumlah zat-zat makanan yang dapat dicerna. Penelitian ini menggunakan rancangan bujur sangkar latin (RBSL) 4 x 4 dengan 4 periode sebagai baris, 4 ekor sapi sebagai kolom dan 4 macam ransum sebagai perlakuan. Sapi yang digunakan memiliki bobot badan rata-rata 477±5,31 kg. Ransum perlakuan ialah penggunaan kulit ubi kayu yaitu A=0%; B=3%; C=6% dan D=9%. Parameter yang diamati yaitu bahan kering dapat dicerna (BKdd), protein kasar dapat dicerna (PKdd), serat kasar dapat dicerna (SKdd), lemak kasar dapat dicerna (LKdd), bahan ekstrak tanpa nitrogen dapat dicerna (BETNdd) dan Total Digestible Nutrient (TDN). Hasil analisis keragaman menujukkan penggunaan kulit ubi kayu hingga level 9% dalam ransum memberikan pengaruh berbeda tidak nyata (P>0,05) terhadap BKdd, PKdd, LKdd, SKdd, BETNdd dan TDN. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kulit ubi kayu dapat digunakan sampai level 9% dalam ransum sapi perah atau 100% mampu menggantikan dedak padi. Hal ini dilihat dari nilai BKdd 9,54 kg; PKdd 1,45 kg; LKdd 0,52 kg; SKdd 2,15 kg; BETNdd 4,81 kg dan TDN 9,58 kg. Kata Kunci : Dedak Padi, Kulit Ubi Kayu, Ransum, Sapi Perah, Substitusi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Fauzia Agustin, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 22 Oct 2019 09:57
Last Modified: 22 Oct 2019 09:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/50350

Actions (login required)

View Item View Item