IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR NOMOR 18 TAHUN 2013 TENTANG PERLINDUNGAN LAHAN PERTANIAN PANGAN BERKELANJUTAN

TIO, PRADENA PUTRA (2019) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR NOMOR 18 TAHUN 2013 TENTANG PERLINDUNGAN LAHAN PERTANIAN PANGAN BERKELANJUTAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tio Pradena Putra, No.BP 1310842016, Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Timur Nomor 18 Tahun 2013 Tentang Perlindungan Lahan Pertananian Pangan Berkelanjutan, Jurusan Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, Padang, 2019. Dibimbing oleh: Kusdarini, S.IP, M.PA dan Dr.Syamsurizaldi, M.Si. Skripsi ini terdiri dari 197 halaman dengan referensi 5 buku teori, 2 buku metode, 4 skripsi, dan 10 laporan. Peraturan Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Timur Nomor 18 Tahun 2013 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan adalah kebijakan yang bertujuan untuk melindungi kawasan pertanian pangan yang telah ditetapkan 17.000 ha lahan pangan dan 4.000 lahan cadangan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Adapun fenomena yang terlihat sehingga peneliti perlu melihat implementasi peraturan daerah ini salah satunya yaitu selama peraturan daerah ini berjalan sejak 2014 dengan diberikan insentif dari pemerintah daerah namun masih ada masyarakat yang melakukan alih fungsi lahan pertanian pangan yang telah ditetapkan sebagai kawasan perlindungan lahan pangan. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Timur Nomor 18 Tahun 2013 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan Peraturan Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Timur Nomor 18 Tahun 2013 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Peran peneliti sebagai instrumen kunci dan unit analisis yang digunakan dalam penilitian ini adalah lembaga. Validasi data menggunakan triangulasi sumber. Lokasi penelitian di Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Hasil penelitian pengendalian lahan pangan oleh Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Tanjung Jabung Timur dilaksanakan sesuai peraturan daerah namun tujuan kebijakan belum tercapai secara maksimal. Menggunakan teori Van Meter dan Van Horn peneliti mengemukakan bahwa belum ada komitmen implementor untuk melaporkan alih fungsi lahan pangan berkelanjutan. Koordinasi dengan instansi yang memiliki wewenang untuk memberikan insentif belum maksimal. Kondisi ekonomi masyarakat petani pangan mengengah kebawah menjadi penghambat pemberian sanksi alih fungsi lahan, kemudian masyarakat menilai tanaman perkebunan memiliki nilai ekonomi lebih baik dibandingkan tanaman pangan sehingga mendorong terjadi alih fungsi lahan. Pemerintah daerah sampai saat ini belum membuat aturan turunan tentang perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan. Kata Kunci: Implementasi, Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (PLP2B)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Syamsurizaldi, M.S
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 22 Oct 2019 12:06
Last Modified: 22 Oct 2019 12:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/50342

Actions (login required)

View Item View Item