PERANCANGAN SISTEM KEAMANAN BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO UNO UNTUK MENGATASI KELEBIHAN MUATAN PADA PROTOTYPE KENDARAAN MENGGUNAKAN SENSOR LOAD CELL TYPE S

Lufti, Lucyana (2019) PERANCANGAN SISTEM KEAMANAN BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO UNO UNTUK MENGATASI KELEBIHAN MUATAN PADA PROTOTYPE KENDARAAN MENGGUNAKAN SENSOR LOAD CELL TYPE S. Diploma thesis, Engineering.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Kelebihan muatan merupakan hal yang sering diabaikan oleh para pengemudi. Padahal, kelebihan muatan memberikan dampak yang berbahaya di berbagai sisi. Peningkatan emisi gas buang, kerusakan badan jalan, bahkan kecelakaan lalu lintas adalah hal-hal yang dapat terjadi akibat kelebihan muatan pada kendaraan. Jembatan timbang yang merupakan solusi yang ditawarkan oleh pemerintah ternyata belum efektif mengatasi masalah ini karena lokasinya yang terbatas dan alat tersebut tidak menyatu dengan kendaraan. Tujuan penelitian ini adalah merancang posisi peletakan sensor load cell yang terintegrasi langsung pada chassis prototipe, sehingga mampu mengaktifkan indikator-indikator peringatan. Perancangan prototipe ini diadopsi dari sistem keamanan pada lift dengan menggunakan indikator-indikator peringatan yaitu, alarm peringatan, mesin kendaraan tidak berfungsi dan pintu tidak dapat tertutup saat terjadi kelebihan muatan. Saat diberikan muatan, sensor yang diletakan pada chassis kendaraan akan mengalami pelendutan, sehingga mengakibatkan terjadi perubahan tegangan mekanis yang bekerja. Perubahan tegangan tersebut akan diubah oleh sensor beban menjadi sinyal listrik. Sinyal listrik ini memerintahkan Arduino untuk mengaktifkan indikator-indikator peringatan. Dari 10 kali pengujian, indikator-indikator ini berfungsi dengan akurasi 100%. Sistem yang dibuat telah berhasil mengatasi kelebihan muatan pada prototipe kendaraan dan mencegah prototipe kendaraan beroperasi dalam kondisi kelebihan muatan. Kata Kunci : Kelebihan muatan, sistem keamanan lift, sensor beban.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Eng,RahmadiKurnia
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 22 Oct 2019 12:14
Last Modified: 22 Oct 2019 12:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/50317

Actions (login required)

View Item View Item