Pengaruh substitusi dedak padi dengan kulit ubi kayu dalam ransum sapi perah terhadap konsumsi bahan kering, bahan organik, protein kasar dan produksi susu

Annisa, Asih Ariasti (2019) Pengaruh substitusi dedak padi dengan kulit ubi kayu dalam ransum sapi perah terhadap konsumsi bahan kering, bahan organik, protein kasar dan produksi susu. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover Dan Abstrak)
COVER.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Teks)
5. SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh substitusi dedak padi dengan kulit ubi kayu dalam ransum sapi perah terhadap konsumsi bahan kering, bahan organik, protein kasar dan produksi susu. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen menggunakan Rancangan Bujur Sangkar Latin (RBSL) 4 x 4 dengan 4 periode sebagai baris, 4 ekor sapi perah sebagai kolom dan 4 macam ransum sebagai perlakuan. Perlakuan A adalah penggunaan kulit ubi kayu 0%, perlakuan B 3%, perlakuan C 6% dan perlakuan D 9%. Parameter yang diukur adalah konsumsi bahan kering, konsumsi bahan organik, konsumsi protein kasar ransum dan produksi susu sapi perah. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan kulit ubi kayu sebagai pengganti dedak padi dalam ransum berbeda tidak nyata (P>0,05) terhadap konsumsi bahan kering, konsumsi bahan organik, konsumsi protein kasar ransum dan produksi susu sapi perah. Disimpulkan bahwa bahwa kulit ubi kayu dapat digunakan sampai 9% dalam ransum atau 100% sebagai pengganti dedak padi, dengan nilai konsumsi bahan kering 13,29 kg/ekor/hari, bahan organik 12,59 kg/ekor/hari, protein kasar 1,97 kg/ekor/hari dan produksi susu 8,64 kg/ekor/hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof.Dr.Ir.Fauzia Agustin,MS
Uncontrolled Keywords: Kulit ubi kayu Dan dedak adi
Subjects: Q Science > Q Science (General)
S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 21 Oct 2019 10:55
Last Modified: 21 Oct 2019 10:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/50271

Actions (login required)

View Item View Item