PENGARUH JENIS PUPUK TERHADAP KANDUNGAN BAHAN KERING, PROTEIN KASAR DAN SERAT KASAR TITONIA (Tithonia diversifolia) SEBAGAI PAKAN HIJAUAN PADA TANAH ULTISOL

Yuni, Deswira (2019) PENGARUH JENIS PUPUK TERHADAP KANDUNGAN BAHAN KERING, PROTEIN KASAR DAN SERAT KASAR TITONIA (Tithonia diversifolia) SEBAGAI PAKAN HIJAUAN PADA TANAH ULTISOL. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1 Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
2 BAB 1.pdf - Published Version

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
3 BAB 5.pdf - Updated Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
5 FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PENGARUH JENIS PUPUK TERHADAP KANDUNGAN BAHAN KERING, PROTEIN KASAR DAN SERAT KASAR TITONIA (Tithonia diversifolia) SEBAGAI PAKAN HIJAUAN PADA TANAH ULTISOL Yuni Deswira, dibawah bimbingan Dr. Imana Martaguri, S.Pt, M.Si. dan Dr. Montesqrit, S.Pt, M.Si. Mahasiswa Program Studi Peternakan, Bagian Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh jenis pupuk terhadap kandungan bahan kering, protein kasar dan serat kasar tanaman titonia yang ditanam pada tanah ultisol. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 4 perlakuan dan 4 kelompok sebagai ulangan. Perlakuan disusun sebagai berikut, P0 (tanpa pemberian pupuk), P1 (pupuk kandang sapi), P2 (pupuk NPK mutiara), dan P3 (kombinasi pupuk NPK mutiara + pupuk kandang sapi). Parameter yang diamati adalah kandungan bahan kering, protein kasar dan serat kasar tanaman titonia. Data diolah menggunakan analisis keragaman dan perbedaan antar perlakuan diuji dengan Duncan multiple range test (DMRT). Hasil penelitian menunjukkan perlakuan tanpa pupuk (P0) menghasilkan bahan kering 15,30 %, protein kasar 20,19 %, dan serat kasar 13,79 %. Perlakuan pupuk kandang sapi (P1) menghasilkan bahan kering 17,14 %, protein kasar 22,19 % dan serat kasar 15,95 %. Perlakuan pupuk NPK mutiara (P2) menghasilkan bahan kering 19,82 %, protein kasar 24,41 % dan serat kasar 19,06 %. Perlakuan kombinasi pupuk kandang sapi dan pupuk NPK mutiara (P3) menghasilkan bahan kering 17,39 %, protein kasar 23,25 % dan serat kasar 17,23 %. Analisis keragaman menunjukkan bahwa penggunaan pupuk NPK mutiara (P2) memberikan pengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap kandungan bahan kering, protein kasar dan serat kasar dari tanaman titonia. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian pupuk NPK mutiara saja dapat meningkatkan kandungan bahan kering, protein kasar dan serat kasar pada tanaman titonia yang ditanam di tanah ultisol. Kata Kunci: Kandungan Nutrisi, Pemupukan, Tanah Ultisol, Titonia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Imana Martaguri, S.Pt, M.Si
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 21 Oct 2019 10:02
Last Modified: 21 Oct 2019 10:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/50262

Actions (login required)

View Item View Item