ANALISIS PERILAKU KONSUMEN PEREMPUAN MINANGKABAU DALAM SITUASI AGO-MA-AGO DENGAN PENDEKATAN MODEL OF GOAL-DIRECTED BEHAVIOR

Aziz, Abdul (2025) ANALISIS PERILAKU KONSUMEN PEREMPUAN MINANGKABAU DALAM SITUASI AGO-MA-AGO DENGAN PENDEKATAN MODEL OF GOAL-DIRECTED BEHAVIOR. S3 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover&abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (176kB)
[img] Text (pendahuluan)
Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (438kB)
[img] Text (kesimpulan)
Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (445kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (472kB)
[img] Text (full disertasi)
Disertasi ABZ - Final-4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menganalisis bagaimana kualitas produk, harga, sikap, norma subjektif, kontrol perilaku yang dirasakan, serta emosi negatif dan positif yang diantisipasi memengaruhi niat berperilaku perempuan Minangkabau dalam konteks tawar-menawar (ago-ma-ago) saat berbelanja di pasar tradisional atau konvensional. Selain itu, penelitian ini juga mengeksplorasi peran kepuasan dan keinginan sebagai variabel mediasi dalam hubungan antara faktor faktor tersebut dengan niat berperilaku. Study ini menggunakan motoda kuantitatif. Data penelitian ini dikumpulkan dari 427 orang perempuan dari berbagai latar belakang profesi sebagai responden yang berasal dari etnis Minangkabau. Pemodelan Persamaan Struktural Partial Least Squares (PLS-SEM) digunakan untuk mengevaluasi data penelitian dengan SmartPLS. Temuan utama dari penelitian ini adalah pengaruh kuat kualitas produk dan harga terhadap kepuasan umum konsumen, serta pengaruh mediasi kepuasan dan keinginan untuk niat berperilaku ago-ma-ago sebagai salah satu budaya jual beli di Minangkabau. Ternyata sikap dan norma subjektif tidak berpengaruh terhadap niat berperilaku karena niat berperilaku perempuan Minangkabau untuk ago-ma-ago tidak semata mata karena tekanan sosial atau norma yang berlaku, tetapi lebih karena adanya insentif ekonomi dan kepuasan personal. Temuan penelitian ini juga memberikan wawasan teoritis dan praktis bagi berbagai pemangku kepentingan, khususnya bagi para ahli dan pelaku pasar tradisional, peritel, serta pembuat kebijakan dalam memahami dan merespons perilaku ago-ma-ago yang masih melekat dalam budaya belanja perempuan Minangkabau. Kata kunci: kualitas produk, harga, niat berperilaku, Minangkabau, ago-ma-ago, kepuasan, keinginan

Item Type: Thesis (S3)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S3 Manajemen
Depositing User: s3 Ilmu Ekonomi
Date Deposited: 13 Aug 2025 03:08
Last Modified: 13 Aug 2025 03:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/502478

Actions (login required)

View Item View Item