Pengaruh Penggunaan Varnish Natrium Fluoride 5% dengan Tricalcium Phosphate terhadap Kekerasan Permukaan Glass Ionomer Cement

Dira, Firlianda Sari (2019) Pengaruh Penggunaan Varnish Natrium Fluoride 5% dengan Tricalcium Phosphate terhadap Kekerasan Permukaan Glass Ionomer Cement. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (927kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (810kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (714kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (868kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Ilmiah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tindakan penanganan karies pada gigi sulung umumnya menggunakan bahan restorasi glass ionomer cement (GIC) yang memiliki kelebihan dalam pelepasan fluorida. Varnish natrium fluoride 5% dengan tricalcium phosphate mampu meningkatkan kekerasan permukaan enamel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian varnish natrium fluoride 5% dengan tricalcium phosphate terhadap kekerasan permukaan restorasi glass ionomer cement. Jenis penelitian ini adalah eksperimental laboratoris berupa post test only control group design. Sampel dibuat dari GC Fuji IX GP extra sebanyak 36 buah yang kemudian direndam dalam saliva buatan selama 24 jam dalam inkubator dengan suhu 37C. Sampel dibagi menjadi 2 kelompok, pada kelompok perlakuan diberikan varnish natrium fluoride 5% dengan tricalcium phosphate dan kelompok kontrol tidak diberikan, kemudian kedua kelompok direndam kembali dalam saliva buatan selama 24 jam di inkubator. Pengujian kekerasan permukaan menggunakan Vickers Hardness Tester. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kekerasan permukaan pada kelompok kontrol sebesar 51,65 VHN dan kelompok perlakuan sebesar 62,87 VHN. Uji Independent T-test menunjukan hasil p<0,05 yang berarti terdapat perbedaan bermakna antara kedua kelompok. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan pada nilai rata-rata kekerasan permukaan restorasi glass ionomer cement yang diberikan varnish natrium fluoride 5% dengan tricalcium phosphate. Kata Kunci : fluoride varnish, glass ionomer cement, kekerasan permukaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: drg. Dedi Sumantri, MDSc
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 25 Oct 2019 15:00
Last Modified: 25 Oct 2019 15:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/50239

Actions (login required)

View Item View Item