Kurniawan, Rynaldi (2025) Kaji Eksperimental Isolasi Getaran Engine pada Kapal Tanpa Awak Fuel Engine Menggunakan Wire Rope Tipe SB. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak + Cover.pdf - Published Version Download (602kB) |
![]() |
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version Download (233kB) |
![]() |
Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version Download (168kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (209kB) |
![]() |
Text (Skripsi Full Text)
skripsi full text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Getaran yang dihasilkan oleh mesin pembakaran internal merupakan salah satu tantangan utama dalam menjaga stabilitas dan performa mesin, khususnya pada kapal tanpa awak yang beroperasi di lingkungan laut. Getaran yang tidak terkontrol dapat menurunkan kenyamanan, merusak komponen mekanis, dan memengaruhi kinerja mesin secara keseluruhan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi sistem isolasi getaran pada engine kapal tanpa awak yang dikembangkan oleh Singo Lauik, Unit Kegiatan Himpunan (UKH) di Departemen Teknik Mesin Universitas Andalas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengujian dinamik dan damped free test. Pengujian dinamik dilakukan dengan mengoperasikan mesin pada berbagai kondisi dan mengukur respons getaran yang terjadi, sedangkan damped free test dilakukan dengan memberikan eksitasi awal pada sistem dan mengamati respons peluruhan getaran untuk menganalisis karakteristik redaman. Penelitian ini menggunakan wire rope isolator (WRI) tipe SB dengan variasi core dan strand untuk mengevaluasi efektivitasnya dalam meredam getaran pada mesin kapal tanpa awak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada rentang frekuensi 80 Hz – 120 Hz WRI tipe SB jenis 6x12 + 7FC Galvanised, 6x19 IWRC Galvanized, menunjukkan respon terbaik sehingga dapat disimpulkan kedua isolator ini pilihan terbaik pada rentang frekuensi tersebut. Pada rentang frekuensi 125 Hz hingga 150 Hz variasi 6x12 + 7FC Galvanized menunnjukkan respon yang terbaik. Variasi 7x19 SS 304 menunjukkan performa terbaik dengan pada frekuensi diatas 175 Hz. Rubber menunjukkan hasil pengujian dengan magnitudo yang rendah pada rentang frekuensi 120 Hz hingga 135 Hz, dan pada frekuensi 150 Hz hingga 200 Hz. Sehingga pemilihan isolator berdasarkan hasil pengujian dinamik dapat disesuaikan dengan frekuensi opearasional kapal. Modifikasi core dan strand pada WRI memberikan peningkatan signifikan dalam kemampuan isolasi getaran, sehingga dapat menjadi solusi optimal dalam pengembangan kapal tanpa awak yang lebih stabil, efisien, dan andal.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Nusyirwan M. T; Prof. Dr. Eng. Lovely Son |
Uncontrolled Keywords: | Getaran; Wire Rope Isolator (WRI); Kapal Tanpa Awak; Pengujian Dinamik; Damped Free Vibration Test. |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin |
Depositing User: | s1 teknik mesin |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 04:22 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 04:22 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/502191 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |