Sakinah, Dhea Azmihul (2025) Strategi Soft Power Korea Selatan Melalui SM Entertainment di Indonesia Tahun 20219-2024. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (451kB) |
![]() |
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version Download (489kB) |
![]() |
Text (Bab 5)
BAB 5.pdf - Published Version Download (253kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (309kB) |
![]() |
Text (Skripsi Full Text)
FULL DRAFT SKRIPSI DHEA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Soft power menempati posisi penting dalam instrumen strategis negara dalam membangun citra dan pengaruh global. Korea Selatan merupakan contoh negara yang berhasil memanfaatkan budaya populer sebagai soft power, terutama melalui fenomena hallyu. Salah satu aktor utama dalam penyebaran hallyu adalah SM Entertainment, agensi hiburan yang berperan aktif dalam mendukung visi Global Korea melalui penyebaran budaya Korea Selatan ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi soft power Korea Selatan melalui SM Entertainment di Indonesia pada tahun 2019-2024. Penelitian mengenai topik ini masih minim, terutama yang secara khusus mengkaji bagaimana SM Entertainment sebagai aktor non negara merancang dan menjalankan strategi soft power di Indonesia. Sebagian besar studi sebelumnya hanya membahas dampak umum Hallyu atau strategi diplomasi budaya oleh negara, tanpa menelaah strategi konkrit aktor swasta dalam mendukung visi diplomasi budaya Korea Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan power behaviors dari Joseph Nye yang terdiri atas agenda setting, attraction, dan persuasion yang belum banyak digunakan dalam kajian serupa, sehingga memberikan kontribusi konseptual dan praktis. Penelitian ini menemukan bahwa SM Entertainment menggunakan konser, media digital, dan kerja sama institusional untuk mengarahkan persepsi masyarakat Indonesia terhadap keinginan Korea Selatan menjadi pusat kebudayaan global melalui visi Global Korea. Strategi-strategi ini secara tidak langsung mendukung pencapaian visi Global Korea dengan memperkuat citra Korea Selatan sebagai kekuatan budaya di tingkat internasional.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Sofia Trisni, S.IP., MA(IntRel); Silvi Cory, S.Pd., M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Soft Power; SM Entertainment; Korea Selatan; Hallyu; Diplomasi budaya dan Indonesia |
Subjects: | J Political Science > JZ International relations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Hubungan Internasional |
Depositing User: | s1 ilmu hubungan internasional |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 02:25 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 02:25 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/502006 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |