Ramadhan, Muhammad Fadhlullah (2025) Peran Tencent Games Sebagai Aktor Corporate Diplomacy Tiongkok di Indonesia. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (797kB) |
![]() |
Text (Bab I)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version Download (448kB) |
![]() |
Text (Bab V)
BAB V Penutup.pdf - Published Version Download (246kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (285kB) |
![]() |
Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI Fadhlul Full Draft(0).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Tencent memanfaatkan perkembangan zaman yang semakin modern dengan mendorong industri game dan esport. Dorongan Tiongkok lewat langkah “Internet Plus” untuk tujuan ekonomi digital Tiongkok yang maju dan tidak bergantung kepada teknologi luar negeri membuat raksasa digital seperti Baidu, Alibaba, dan Tencent semakin gencar dalam menargetkan pasar lokal dan internasional. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran antara Tiongkok, Tencent, dan salah satu negara yang dituju yaitu Indonesia. Tencent menjalani peran besar dalam hubungan di antara aktor, bukan hanya sebagai raksasa yang mencari keuntungan lewat produk mereka, namun Tencent ikut berperan menjadi aktor corporate diplomacy dan sesuai dengan konsep Candace L. White. Untuk menjalankan perannya sebagai aktor corporate ciplomacy di Indonesia, Tencent menjalankan langkah diplomasi budaya, berinvestasi, mengekspor produk, melakukan branding berupa destinasi, dan bertanggung jawab dan dampak positif bagi sosial dan lingkungan melalui CSR (Corporate Social Responsibilty). Penelitian ini menemukan bahwa Tencent melakukan perannya sebagai aktor corporate diplomacy dengan menjalankan langkah-langkah tersebut di Indonesia. Melalui game dan panggung esport yang mereka kembangkan, Tencent berhasil menjalankan peran corporate diplomacy di Indonesia dengan memasukkan produk seperti PUBG Mobile dan Honor of Kings, investasi yang berkelanjutan untuk panggung esport atau ekonomi digital, dan mempromosikan destinasi dan budaya Tiongkok dan Indonesia dengan item, infrastruktur bangunan, dan elemen budaya. Tenecent juga tidak lupa untuk menjalankan program CSR seperti “Protect Nature, Protect All Life” dan “Play for Green”.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Anita Afriani Sinulingga,S.IP, M.Si; Putiviola Elian Nasir, S.S, MA |
Uncontrolled Keywords: | Esport; Tencent; Tiongkok; Corporate Diplomacy; Indonesia |
Subjects: | J Political Science > JZ International relations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Hubungan Internasional |
Depositing User: | s1 ilmu hubungan internasional |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 04:32 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 04:32 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/501903 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |