Pengaruh Perbandingan Serbuk Ekstrak Teh Hijau (Camellia sinensis) dan Serbuk Ekstrak Daun Suji (Pleomele angustifolia, N.E. Brown) terhadap Karakteristik Minuman Serbuk Instan

Meza, Eka Putri (2019) Pengaruh Perbandingan Serbuk Ekstrak Teh Hijau (Camellia sinensis) dan Serbuk Ekstrak Daun Suji (Pleomele angustifolia, N.E. Brown) terhadap Karakteristik Minuman Serbuk Instan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 kesimpulan dan saran)
BAB 5 Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pengaruh Perbandingan Serbuk Ekstrak Teh Hijau (Camellia sinensis) dan Serbuk Ekstrak Daun Suji (Pleomele angustifolia, N.E. Brown) terhadap Karakteristik Minuman Serbuk Instan Meza Eka Putri1, Tuty Anggraini2, Hasbullah2 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbandingan serbuk ekstrak teh hijau grade dust dengan serbuk ekstrak daun suji terhadap karakterisitik kimia, fisik, dan organoleptik minuman serbuk instan dan untuk mengetahui tingkat perbandingan terbaik terhadap minuman serbuk instan yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakanxrancangan acak lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 3 ulangan. Data dianalisa secara statistik dengan menggunakan ANOVA dan dilanjutkan dengan uji Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Perlakuan pada penelitian ini adalah perbandingan serbuk ekstrak teh hijau dengan serbuk eksrak daun suji pada formulasi (8:0), (7,2:0,8), (6,4:1,6), (5,6:2,4), dan (4,8:3,2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan serbuk ekstrak teh hijau dengan serbuk ekstrak daun suji berpengaruh nyata terhadap kadar air, kadar abu, waktu larut, bagian tidak larut, antioksidan, total polifenol, klorofil, warna, dan organoleptik warna, namun memberikan pengaruh berbeda tidak nyata terhadap organoleptik rasa dan aroma. Perlakuan terbaik berdasarkan organoleptik yaitu perlakuan D dengan nilai rata-rata organoleptik warna 4,15 (suka), aroma 3,45 (biasa), dan rasa 3,15 (biasa). Kata kunci: daun suji, grade dust, minuman serbuk instan, teh hijau.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Tuty Anggraini, S.TP, MP, Ph.D
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 18 Oct 2019 14:21
Last Modified: 18 Oct 2019 14:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/50186

Actions (login required)

View Item View Item