Fandom Treasure Maker sebagai Agen Diplomasi Publik Korea Selatan di Indonesia

Zahara, Latifah (2025) Fandom Treasure Maker sebagai Agen Diplomasi Publik Korea Selatan di Indonesia. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAKKK.pdf - Published Version

Download (75kB)
[img] Text (Bab I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (760kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (565kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (585kB)
[img] Text (Skripsi Full text)
E SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan popularitas K-Pop melalui boyband didukung oleh para penggemar yang tersebar diseluruh dunia. Penggemar atau fandom melakukan interaksi dengan berbagai cara seperti melalui pertemuan langsung atau menggunakan platform sosial media dalam melakukan berbagai aktivitas yang berkaitan dengan idola mereka. Hal yang sama dilakukan oleh fandom Treasure Maker yang merupakan salah satu basis penggemar yang cukup besar di Indonesia. Dimana kegiatan yang dilakukan tidak hanya streaming namun juga kegiatan seperti cosplay, penggalangan dana, belajar bahasa dan budaya Korea Selatan. Dalam diplomasi publik baru, aktor non-negara dapat berperan sebagai aktor diplomasi publik melalui kegiatan yang diorganisir. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah aktivitas yang dilakukan oleh fandom terutama fandom Treasure Maker Padang dapat dikategorikan sebagai inisiatif diplomasi publik yang mengacu pada interaksi dan dialog yang dilakukan oleh fandom dengan publik, dengan menggunakan kerangka konsep diplomasi publik relasional yang dikemukakan oleh Kadir Ayhan. Penelitian ini meninjau enam aspek utama yaitu, perlakuan terhadap publik, pembangunan hubungan interpersonal, visi jangka panjang yang dimiliki, komunikasi simetris dua arah, respon terhadap masukan serta mutualitas dan saling ketergantungan dengan publik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang melakukan pengumpulan data melalui wawancara dengan anggota komunitas fandom Treasure Maker Padang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas yang dilakukan oleh fandom Treasure Maker Padang belum dapat dikategorikan sebagai diplomasi publik. Aktivitas yang dilakukan oleh fandom Treasure Maker Padang menunjukkan bahwa kegiatan yang dilakukan sepenuhnya bertujuan untuk mempromosikan boygroup Treasure kepada masyarakat umum,tanpa ada kaitannya dengan Korea Selatan.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr. Sofia Trisni, S.IP.,MA(IntRel); Rifki Dermawan, S.Hum, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Fandom; Diplomasi Publik; K-Pop; Treasure
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Hubungan Internasional
Depositing User: s1 ilmu hubungan internasional
Date Deposited: 08 Aug 2025 02:15
Last Modified: 08 Aug 2025 02:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/501605

Actions (login required)

View Item View Item