PENGGUNAAN RANSUM BERSERAT KASAR TINGGI DAN EFEKNYA SETELAH PEMULIHAN TERHADAP GAMBARAN HISTOLOGI DAN KETEBALAN USUS HALUS AYAM BROILER

Devi, Arianti (2019) PENGGUNAAN RANSUM BERSERAT KASAR TINGGI DAN EFEKNYA SETELAH PEMULIHAN TERHADAP GAMBARAN HISTOLOGI DAN KETEBALAN USUS HALUS AYAM BROILER. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak Devi.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I PENDAHULUAN DEVI.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V KESIMPULAN DEVI.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA DEVI .pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
FULL TEXT SKRIPSI DEVI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan ransum berserat kasar tinggi dan melihat pengaruh pemulihan terhadap gambaran histologi dan ketebalan usus halus pada ayam broiler. Penelitian ini menggunakan 126 ekor ayam broiler umur 1 hari (DOC) dari strain Cobb CP 707. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan 3 perlakuan dan 7 ulangan. Ransum perlakuan yang diberikan mengandung serat kasar, yaitu perlakuan A (4,5%), B (6,0%), dan C (7,5%). Ransum disusun dengan iso protein 19% dan iso energi 2900 Kkal/Kg. Parameter yang diukur adalah ketebalan usus halus, lebar vili, tinggi vili, dan histologi usus halus ayam broiler. Hasil analisis keragaman menunjukkan bahwa penggunaan serat kasar hingga level 6,0% dalam ransum pada saat perlakuan memberikan pengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap ketebalan duodenum usus halus pasca masa pemulihan dan dengan adanya penambahan serat kasar tinggi dalam ransum juga berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap tinggi vili ileum usus halus Ayam Broiler. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan ransum dengan level serat kasar B (6,0%) bagian duodenum pada masa pemulihan merupakan hasil terbaik dengan memperoleh ketebalan usus halus 149,89 µm, lebar vili 59,86 µm, tinggi vili 601,35 µm dan histologi usus halus ayam broiler yang kembali normal. Kata Kunci: Serat Kasar, Masa Pemulihan, Ketebalan Usus Halus, Lebar Vili, Tinggi Vili, Histologi Usus Halus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Arif Rachmat, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 18 Oct 2019 11:02
Last Modified: 18 Oct 2019 11:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/50160

Actions (login required)

View Item View Item