Rifandy, Farhan Rizki (2025) DIPLOMASI DIGITAL INDONESIA MELALUI INSTAGRAM @wonderfulindonesia. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version Download (335kB) |
![]() |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (444kB) |
![]() |
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Download (286kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (298kB) |
![]() |
Text
Skripsi Farhan Rizki Rifandy.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pandemi COVID-19 memberikan dampak signifikan terhadap sektor pariwisata global yang memaksa negara-negara untuk beradaptasi dalam mempertahankan citra pariwisatanya. Indonesia mengambil langkah yang berbeda dibanding negara lain di ASEAN. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji diplomasi digital Indonesia dijalankan melalui akun Instagram @wonderfulindonesia selama periode pandemi tahun 2020-2021. Menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini menganalisis 492 unggahan akun @wonderfulindonesia melalui kerangka konseptual diplomasi digital Corneliu Bjola yang mencakup aspek agenda setting, presence expansion, dan conversation generating. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Indonesia berhasil mengendalikan narasi krisis dengan mengubah pesan secara bertahap, mulai dari ajakan empatik “Dream Now, Travel Later”, beralih ke upaya membangun kepercayaan melalui edukasi protokol kesehatan, hingga meluncurkan kampanye undangan “It’s Time for Bali”. Strategi yang paling dominan adalah perluasan kehadiran yang diimplementasikan melalui konten buatan pengguna dan kolaborasi dengan influencer untuk memastikan visibilitas merek tetap terjaga. Meskipun konten interaktif berhasil memancing respon audiens yang tinggi, komunikasi yang terbangun cenderung bersifat satu arah. Dalam diplomasi digital melalui Instagram @wonderfulindonesia, Indonesia dominan melakukan aktifitas perluasan kehadiran dibandingkan menetapkan agenda atau isu yang banyak ataupun merangsang komunikasi dua arah dengan audiens.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Sofia Trisni, S.IP., MA(IntRel) Putiviola Elian Nasir, SS, MA |
Uncontrolled Keywords: | Diplomasi Digital, Instagram, Wonderful Indonesia, Pariwisata, Pandemi COVID-19 |
Subjects: | J Political Science > JZ International relations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Hubungan Internasional |
Depositing User: | s1 ilmu hubungan internasional |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 08:00 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 08:00 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/501559 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |