Faktor- Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kepuasan Kerja Tenaga Kesehatan di Puskesmas Alai Kota Padang Tahun 2011

Anggreani, Wulandari (2012) Faktor- Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kepuasan Kerja Tenaga Kesehatan di Puskesmas Alai Kota Padang Tahun 2011. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Teks)
S1 Kesehatan Masyarakat 2012 Wulandari Anggreani 07122003.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Puskesmas Alai merupakan salah satu dari 20 puskesmas yang ada di Kota Padang. Berdasarkan kecukupan tenaga kerja, Puskesmas Alai hanya memiliki 40 orang tenaga kesehatan sedangkan kebutuhan yang seharusnya ada di Puskesmas Alai tersebut sebanyak 50 orang. Berdasarkan hasil wawancara dengan petugas, dengan jumlah tenaga yang belum mencukupi maka setiap petugas mempunyai tugas ganda namun dalam pelaksanaan tugas ini tidak di dukung oleh sarana dan prasarana yang memadai. Tujuan Penelitian adalah mendapatkan gambaran tingkat kepuasan kerja tenaga kesehatan dan faktor apa saja yang berhubungan dengan tingkat kepuasan tenaga kesehatan di Puskesmas alai. Penelitian ini bersifat analitik kuantitatif dengan desain cross sectional study dengan jumlah sampel 39 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara menggunakan kuesioner. Data dianalisis secara univariat dan bivariat lalu disajikan dalam bentuk diagram, tabel, dan narasi. Hasil Penelitian berdasarkan analisis uji statistik didapatkan tidak ada hubungan yang bermakna antara kareteristik responden yaitu; umur, jenis kelamin, pendidikan, lama kerja, dan terdapat hubungan yang bermakna antara motivasi dengan kepuasan kerja, insentif dengan kepuasan kerja, kepemimpinan dengan kepuasan kerja dan kondisi kerja dengan kepuasan kerja. Penelitian ini terdapat empat variabel yang tidak berhubungan antara umur, jenis kelamin, pendidikan serta lama kerja, dan empat variabel yang berhubungan antara motivasi, insentif, kepemimpinan, dan kondisi kerja dengan tingkat kepuasan kerja serta. Untuk memotivasi karyawan dalam bekerja hendaknya pimpinan puskesmas alai memberikan reward atau pujian kepada karyawan serta adanya perbaikan tempat kerja agar karyawan lebih giat melakukan pekerjaannya, dan dapat meningkatkan kepuasan kerja. Dan bagi pimpinan lebih menerima masukan dari bawahan demi tercapainya perbaikan pelayanan. Faktor kepuasan Kerja, Tenaga Kesehatan, Puskesmas Alai.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: dr, Yuniar Lestari, M. Kes; Syafrawati, SKM, M.Comm Health Sc
Uncontrolled Keywords: Faktor kepuasan Kerja, Tenaga Kesehatan, Puskesmas Alai.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > S1 Kesehatan Masyarakat
Depositing User: pklunp 2025 regina
Date Deposited: 31 Jul 2025 07:12
Last Modified: 31 Jul 2025 07:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/501141

Actions (login required)

View Item View Item