PENGARUH PEMBERIAN CAMPURAN DAUN UBI KAYU DAN BUNGKIL INTI SAWIT YANG DIFERMENTASI DENGAN Bacillus amyloliquefaciens DALAM RANSUM TERHADAP PERFORMA AYAM BROILER

Prima, Della (2019) PENGARUH PEMBERIAN CAMPURAN DAUN UBI KAYU DAN BUNGKIL INTI SAWIT YANG DIFERMENTASI DENGAN Bacillus amyloliquefaciens DALAM RANSUM TERHADAP PERFORMA AYAM BROILER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Kesimpulan))
BAB akhir (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh level pemberian campuran Daun Ubi Kayu dan Bungkil Inti Sawit yang difermentasi dengan Bacillus amyloliquefaciens dalam ransum terhadap performa ayam broiler. Penelitian ini menggunakan 100 ekor DOC ayam Broiler dari strain Lohman galur MB 202 yang ditempatkan pada kandang kotak berukuran 80 x 80 x 60 cm3 sebanyak 20 kotak. Masing-masing kotak diisi dengan 5 ekor ayam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan yaitu R1 (0% DUKBISF), R2 (4,5% DUKBISF), R3 (9% DUKBISF), R4 (13,5% DUKBISF) dan R5 (18% DUKBISF) dengan 4 kali ulangan. Penelitian dilakukan selama 28 hari. Peubah yang diamati adalah konsumsi ransum (g/ekor/hari), pertambahan bobot badan (g/ekor/hari) dan konversi ransum ayam broiler. Hasil analisis keragaman menunjukkan bahwa perlakuan pemberian campuran Daun Ubi Kayu dan Bungkil Inti Sawit yang difermentasi dengan Bacillus amyloliquefaciens dalam ransum ayam broiler sampai level 18% cenderung berpengaruh (P<0,10) terhadap konsumsi ransum, berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap pertambahan bobot badan dan konversi ransum. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pemberian campuran Daun Ubi Kayu dan Bungkil Inti Sawit yang difermentasi dengan Bacillus amyloliquefaciens dalam ransum ayam broiler hanya sampai level 4,5%, jika melebihi akan mengganggu konsumsi ransum, pertambahan bobot badan dan konversi ransum ayam broiler. Kata Kunci : Broiler, DUKBISF, Bacillus amyloliquefaciens, Performa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Yose Rizal, M.Sc
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 17 Oct 2019 14:56
Last Modified: 17 Oct 2019 14:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/50099

Actions (login required)

View Item View Item