Hubungan Tinggi Linggir Alveolar Mandibula terhadap Retensi Gigi Tiruan Penuh pada Pasien Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas

Salsabilla, Septia Irsyadi (2019) Hubungan Tinggi Linggir Alveolar Mandibula terhadap Retensi Gigi Tiruan Penuh pada Pasien Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7 Penutup)
BAB 7 (Penutup).pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Hubungan Tinggi Linggir Alveolar Mandibula Terhadap Retensi Gigi Tiruan Penuh Pada Pasien Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas Oleh Salsabilla Septia, Eni Rahmi, Bambang Ristiono ABSTRAK Pemakaian gigi tiruan penuh rahang bawah lebih sering menyebabkan rasa kurang nyaman dan longgar. Salah satunya disebabkan oleh resorpsi linggir alveolar yang dapat menyebabkan berkurangnya tinggi linggir sehingga luas daerah dukungan gigi tiruan penuh menjadi lebih kecil. Tinggi linggir alveolar merupakan faktor yang mempengaruhi retensi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan tinggi linggir alveolar mandibula dengan retensi gigi tiruan penuh pada pasien di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas. Penelitian ini menggunakan desain Cross Sectional. Sampel penelitian sebanyak 30 pengguna gigi tiruan penuh di RSGM Unand. Pemilihan sampel menggunakan teknik Consecutive Sampling. Pengumpulan data menggunakan rekam medik, rontgen panoramik, dan pemeriksaan retensi gigi tiruan penuh responden. Analisa data menggunakan Chi-Square dengan p<0.05. Hasil penelitian menunjukkan tinggi linggir alveolar mandibula pengguna gigi tiruan penuh di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas adalah ≥ 21 mm dengan retensi minimum. Analisis statistik dilakukan dengan uji Kolmogorov-Smirnov menunjukkan hasil p>0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah tinggi linggir alveolar mandibula tidak berhubungan dengan retensi gigi tiruan penuh pada pasien di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: drg. Eni Rahmi, Sp.Pros
Uncontrolled Keywords: linggir alveolar mandibula, retensi , gigi tiruan penuh.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 23 Oct 2019 14:53
Last Modified: 23 Oct 2019 14:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/50087

Actions (login required)

View Item View Item