GREEN SYNTHESIS NANOPARTIKEL TEMBAGA FERIT (CuFE2O4) DENGAN EKSTRAK DAUN GAMBIR (uncaria gambir Roxb.) dan Aplikasi SEBAGAI ANTIBAKTERI

Suci, Aulia Rahmi Elsya (2019) GREEN SYNTHESIS NANOPARTIKEL TEMBAGA FERIT (CuFE2O4) DENGAN EKSTRAK DAUN GAMBIR (uncaria gambir Roxb.) dan Aplikasi SEBAGAI ANTIBAKTERI. Masters thesis, Universitas Andalas.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (Cover + Abstrak)
cover + abstrak.pdf - Published Version

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
BAB V KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (388kB) | Preview
[img] Text (Tesis Fulltext)
Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan nanoteknologi berkaitan dengan nanomaterial berfungsi untuk meningkatkan kemampuan antibakteri serta mengurangi jumlah pemakaian logam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suhu, pH dan waktu sintesis terhadap karakteristik nanopartikel tembaga ferit (CuFe2O4¬) yang selanjutnya diaplikasikan sebagai antibakteri. Nanopartikel tembaga ferit (NTF) telah disintesis dengan memadukan metode green synthesis dan hidrotermal. Ekstrak daun gambir (EDG) digunakan sebagai capping agent dalam penelitian ini. Hasil analisis XRD memberikan informasi bahwa NTF yang disintesis dengan EDG dan NaOH serta penambahan NaOH saja sampai pH 12 pada suhu 180˚C selama 8 jam berfase kubik namun masih terdapat pengotor CuO dan α-Fe2O3. NTF yang disintesis dengan EDG dan NaOH pH 12 pada suhu 180˚C selama 8 jam memiliki ukuran paling kecil yaitu 24 nm. Dari hasil fotograf SEM diketahui NTF yang disintesis dengan EDG dan NaOH serta NaOH saja pada suhu 180˚C selama 8 jam pH 12 berbentuk spheric dan mempunyai distribusi ukuran partikel yang merata namun masih ada yang teraglomerasi. Sifat antibakteri dari NTF diselidiki terhadap bakteri gram positif (S.aureus) dan gram negatif (E.coli) menggunakan metode difusi sumuran. NTF yang disintesis pada suhu 180˚C selama 8 jam pH 10 dan 12 efektif menghambat pertumbuhan bakteri E. coli dan S. aureus.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Zulhadjri, M. Eng
Uncontrolled Keywords: nanopartikel, CuFe2O4, green synthesis, gambir
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 16 Oct 2019 15:44
Last Modified: 16 Oct 2019 15:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/50058

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item