Lestari, Dwita Suryani (2012) PERBANDINGAN KINERJA PENGGUNAAN BERBAGAI BASE ISOLATOR PADA GEDUNG TSUNAMI REFUGE CENTER KANTOR GUBERNUR SUMATERA BARAT. S2 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Skripsi Full Text)
S2 Pasca Sarjana Teknik Sipil 2012 Dwita Suryani Lestari 0921216006 - 488897.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Salah satu upaya untuk mengurangi kerusakan akibat gempa bumi terhadap struktur adalah dengan mengembangkan desain struktur menggunakan sistem isolasi dasar pada bangunan {base isolated structure). Pada tesis ini akan ditinjau sistem isolasi elastomeric dan friction pendulum system. Mekanisme keija elastomeric adalah dengan menggunakan karet berlempengan baja didalamnya. Kegunaan karet adalah untuk mengurangi getaran gempa sedangkan lempengan baja digunakan untuk menambah kekakuan bantalan karet sehingga defleksi dan deformasi bangunan saat bertumpu di atas bantalan karet tidak besar. Mekanisme keija dari friction pendulum adalah dengan menggunakan karakteristik dari pendulum untuk memperpanjang periode alami struktur sehingga dapat terlindungi dari gaya gempa. Studi ini dilakukan untuk mengkaji pengaruh penggunaan base isolator (elastomeric dan friction pendulum) bila dibandingkan dengan bangunan tanpa menggunakan isolator {fixed base structure). Dari hasil studi dapat disimpulkan bahwa penggunaan base isolator memperbesar perioda alami struktur sehingga dapat mempericecil interstory drift pada bangunan. Dalam penggunaannya untuk satu gedung, kombinasi pemasangan natural rubber bearing dan lead rubber bearing temyata mempunyai kemampuan paling besar dalam memperbesar perioda. Jika jenis isolator tersebut dipasang seragam untuk satu gedung maka natural rubber bearing menghasilkan perioda yang paling besar. Perpindahan paling kecil diperlihatkan dengan penggunaan isolator jenis lead rubber bearing karena kekakuan efektifhya yang kecil dan redaman yang tinggi. Pada lantai dasar bangunan yang menggunakan friction pendulum system memiliki perpindahan (displacement) yang besar karena adanya koefisien friksi.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Eng. Fauzan , Jati Sunaryati, Ph.D |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > S2 Teknik Sipil |
Depositing User: | Sindy Berliana |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 09:00 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 09:00 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/500566 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |