PENGARUH SIKAP (ATTITUDE) TERHADAP PERSEPSI KELAYAKAN (PERCEIVED FEASIBILITY) MENJADI WIRAUSAHA DAN DAMPAKNVA TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA

DEFRIANA, SRI (2012) PENGARUH SIKAP (ATTITUDE) TERHADAP PERSEPSI KELAYAKAN (PERCEIVED FEASIBILITY) MENJADI WIRAUSAHA DAN DAMPAKNVA TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Text)
S1 Ekonomi 2012 Sri Defriana 0810522097.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variable sikap yang ditinjau dari (a) kecendruagan bersikap proaktif, (b) efikasi diri, dan (c) motivasi berpretasi; terhadap persepsi kelayakan berwirausaha mahasiswa dan dampaknya terhadap intensi berwirausaha mahasiswa. Penelitian ini juga menguji perbedaan variable sikap, entrepreneurial drive, dan intensi antara mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah kewirausahaan dan yang belum. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa yang terdaftar pada program S1 perguruan tinggi di Kota Padang (Sumatera Barat) yang membuka program studi Manajemen atau Bisnis, seperti mahasiswa Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang, Universitas Putra Indonesia (YPTK), dan Universitas Bung Hatta. Data penelitian ini bersifat cross sectional dengan metode convenience sampling. Faktor-faktor yang diuji pengaruhnya terhadap intensi berwirausaha adalah faktor sikap (attitude) dan persepsi kelayakan (perceived feasibility) berwirausaha. Alat analisis yang dipakai untuk pengujian adalah model structural equation modeling (SEM) dengan aplikasi AMOS 18.0 (analysis of moment structure) dan independent t-test dengan bantuan SPSS 15.0 untuk melihat perbedaan antara dua sampel. Hasil penelitian menunjukkan secara overall sebuah structural model ini dapat dikatakan fit. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan dari ketiga variabel sikap yang diuji pengaruh signifikannya. diketahui variabel efikasi diri (self efficacy) tidak berpengaruh signifikan terhadap persepsi kelayakan berwirausaha. Kemudian diketahui bahwa persepsi kelayakan berpengaruh signifikan terhadap intensi berwirausaha mahasiswa. Dari hasil uji beda menunjukkan tidak terdapat perbedaan sikap, entrepreneurial drive, dan intensi antara mahasiswa yang telah mengambil kuliah kewirausahaan dan yang belum.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr. Harif Amali Rivai, SE, M.Si
Uncontrolled Keywords: attitudes; proactive disposition: Achievement motivation; entrepreneurial drive; entrepreneurship intention; entrepreneurship; model of structural equation modeling (SEM)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: magang usu 2025
Date Deposited: 17 Jul 2025 04:56
Last Modified: 17 Jul 2025 04:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/500400

Actions (login required)

View Item View Item