PEMBIAYAAN PAKET MASA DEPAN (PMD) DENGAN AKAD MURABAHAH UNTUK KELUARGA PRA SEJAHTERA PADA BANK TABUNGAN PENSIUNAN NASIONAL (BTPN) SYARIAH KOTA SOLOK

Risca, Mia Audia (2019) PEMBIAYAAN PAKET MASA DEPAN (PMD) DENGAN AKAD MURABAHAH UNTUK KELUARGA PRA SEJAHTERA PADA BANK TABUNGAN PENSIUNAN NASIONAL (BTPN) SYARIAH KOTA SOLOK. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
Tesis Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pembiayaan Paket Masa Depan (PMD) merupakan salah satu produk dari Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah (BTPNS), program PMD ini di khususkan kepada ibuk-ibuk yang ingin mengembangkan usahanya atau yang ingin memulai usaha. Berdasarkan hasil di lapangan setelah pembiayaaan diberikan kepada nasabah, ada beberapa nasabah yang mengalami tunggakan angsuran, sehingga adanya ketidak sesuaian yang diatur dalam Fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) No. 04/DSN-MUI/IV/2000 tentang Pembiayaan Murabahah bahwa nasabah membayar harga barang yang telah disepakati tersebut pada jangka waktu tertentu yang telah disepakati. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa kriteria Pembiayaan PMD untuk keluarga Pra Sejahtera, bagaimana Pembiayaan PMD ditinjau dari hukum Islam, apa permasalahan dari program PMD dan bagaimana bank mengatasinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan masalah yuridis empiris, dengan memperoleh sumber data dengan melihat ketentuan hukum dihubungkan dengan fakta di lapangan, yang mana jenis data terdiri dari data primer yaitu data yang didapatkan di lapangan, data sekunder dari buku-buku, literatur. Adanya permasalahan pembayaran angsuran yang tidak lancar oleh beberapa nasabah disebabkan oleh hasil usaha yang menurun, sehingga bank harus melakukan upaya penagihan secara berkala dan adanya peran aktif kelompok. Saran dalam penelitian ini agar nasabah meningkatkan kepedulian untuk membayar angsuran pada tepat waktu. Kata Kunci : Pembiayaan Paket Masa Depan (PMD), Pembayaran Angsuran Bermasalah, Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah (BTPNS).

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Yaswirman, M.A
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 kenotariatan kenotariatan
Date Deposited: 17 Oct 2019 14:58
Last Modified: 17 Oct 2019 14:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/50040

Actions (login required)

View Item View Item