Faldina, Aura (2025) Strategi SOft Power Korea Selatan melalui Korean Wave di Jepang. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak E-Skripsi_Aura Faldina (2110851009).pdf - Published Version Download (637kB) |
![]() |
Text (BAB I)
Bab I E-Skripsi_Aura Faldina (2110851009).pdf - Published Version Download (935kB) |
![]() |
Text (BAB V)
Bab V E-Skripsi_Aura Faldina (2110851009).pdf - Published Version Download (44kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka E-Skripsi_Aura Faldina (2110851009).pdf - Published Version Download (400kB) |
![]() |
Text (Skripsi full text)
E-Skripsi_Aura Faldina (2110851009).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penyebaran Korean Wave di Jepang menghadapi rintangan dengan adanya sentimen anti-Korea di kalangan warga Jepang, yang dipicu oleh sejarah peperangan masa lampau dan sengketa hak kepemilikan Pulau Dokdo antara Jepang dan Korea Selatan. Di tengah sentimen negatif ini, Korean Wave tetap bertahan dan berhasil menarik perhatian warga Jepang. Daya tarik budaya populer yang kuat ini menjadikan Korean Wave sebagai soft power bagi Korea Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana strategi soft power Korea Selatan melalui Korean Wave di Jepang dapat menghadapi sentimen anti-Korea tersebut. Menggunakan kerangka konseptual Soft Power Strategies yang dikemukakan oleh Lee Geun, penelitian ini meninjau tiga strategi utama, yaitu strategi penciptaan citra negara, strategi efek jaringan, serta pahlawan dan selebriti. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data studi pustaka dari literatur seperti artikel jurnal dan e-book. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan Korean Wave sebagai soft power dapat dimanfaatkan untuk menghadapi sentimen anti-Korea di kalangan warga Jepang dengan strategi menciptakan citra Korea Selatan melalui K-Drama, strategi melalui daya tarik bintang K-Pop, dan strategi dengan penyebaran K-Food, K-Beauty, dan K-Fashion. Strategi lokalisasi yang ditemukan dalam penelitian ini menjadi strategi yang membantu masuknya aspek Korean Wave, K-Pop dan K-Drama agar diterima baik oleh warga Jepang dan dapat menyebarkan daya tariknya di Jepang. Strategi lokalisasi ini dilakukan dengan membuat lagu-lagu K-Pop yang menggunakan bahasa Jepang, dan mengangkat alur cerita komik atau novel Jepang menjadi sebuah K-Drama.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Sofia Trisni, S.IP., MA(IntRel); Silvi Cory, S.Pd, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Korean Wave; Jepang; Sentimen Anti-Korea; Soft Power; Strategi |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) J Political Science > JA Political science (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Hubungan Internasional |
Depositing User: | s1 ilmu hubungan internasional |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 07:06 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 07:06 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/500348 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |