Rudianto, Riki (2012) Strategi Kampanye Politik Pasangan Irwan Prayitno-Muslim Kasim Dalam Pemilihan Kepala Daerah Gubernur Sumatera Barat Perjode 2010-2015. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Skripsi Full Teks)
ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK ILMU POLITIK 2012 RIKI RUDIANTO 05193093.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Demokrasi di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Hal ini terlihat dari beberapa indikator keberhasilan peiaksanaan Pemilu Legislatif DPR, DPD, DPRD, serta pemiiihan Presiden dan Wapres yang dipilih secara langsung pada tahun 2004. Selain itu, Indonesia juga cukup sukses dalam melaksanakan pemiiihan kepala daerah (Pilkada, Pemilu Kada) secara langsung yang dllaksanakn serentak pada tahun 2005. Sumatera Barat juga telah sukses dalam melaksanakan pemiiihan Kepala Daerah, yakni pada tahun 2005 dan pada tahun 2010. Irwan Prayltno calon yang maju dalam 2 kali periode Pilkada dan Pemilu Kada ini, tahun 2005 Irwan Prayitno berpasangan dengan Ikasuma Hamid didukung oleh 2 (dua) koalisi parpol yakni PKS dan PER kalah dari pasangan Gamawan-Marlis dan berada di posisi kedua. Sedangkan pada tahun 2010 Irwan Prayitno berpasangan dengan Muslim Kasim yang didukung oleh 3 (tiga) koalisi parpol yakni PKS, PBR, dan Partai HANURA. Penelitian ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Strategi Kampanye Politik Pasangan Irwan Prayitno-Muslim Kasim Dalam Pemilihan Kepala Daerah Gubemur Sumatera Earat Periode 2010-2015. Penelitian ini menggunakan teori strategi Politik, yang terdiri dari Segmentasi Geografik dan Segmentasi Demografik, largetting dan Positioning. Pendekatan penelitian dilakukan secara kualitatif dan menggunakan tipe penelitian deskriptif. Dalam mengumpulkan data peneliti memakai trianggulasi. Sedangkan analisis data menggimakan metode etik-emik. Berdasarkan hasil penelitian, Strategi Kampanye Politik Pasangan Irwan Prayitno-Muslim kasim Dalam Pemiiihan Kepala Daerah Gubemur Sumatera Barat Periode 2010-2015. Pada Pemilu Kada 2010 ini tim sukses Irwan-MK telah banyak belajar dari kegagalan Irwan Prayitno pada Periode 2005 lalu, dimana pada tahun 2010 ini Irwan Prayitno-Muslim Kasim memperoleh suara tertinggi di 14 kabupaten/kota di Sumatera Barat. Salah satu strategi yang digunakan adalah strategi yang berbasiskan survey, dan tim sukses membagi wilayah kampanye menjadi 3 kelompok (segmentasi demografik) kantong suara, memiliki target suara 35%, dan pola kampanye c/oor to door tetap digunakan karena masih efektif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Sri Zul Chairiyah, M.A.,; Drs. Tamrin, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Kampanye Politik, Pemilihan Kepala Daerah |
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Politik |
Depositing User: | Pustakawan Marne Dardanellen |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 04:43 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 04:43 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/500158 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |