Pelaksanaan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) (Studi di SDN 07 Kampung Jawa Kota Solok)

Moetia, Amy Kita (2011) Pelaksanaan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) (Studi di SDN 07 Kampung Jawa Kota Solok). S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Full Text)
S1 FISIP 2011 Moetya Amy Kita 07194034.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah (MPMBS) adalah salah satu paradigma baru dalam manajemen pendidikan. MPMBS adalah upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan cara memberikan otonomi yang lebih besar kepada sekolah dan mendorong sekolah untuk melakukan pengambllan keputusan partisipatif untuk memenuhi kebutuhan sekolah dan untuk mencapai tujuan mutu sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah (MPMBS) dalam rangka meningkatkan otonomi sekolah dan pengambilan keputusan partisipatif di SDN 07 Kampung Jawa Kota Solok. Hal ini dilihat dengan menggunakan teori tahapan pelaksanaan MPMBS oleh Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd yang mengemukakan tahapan pelaksanaan MPMBS terdiri dari tujuh tahap, yaitu: pengembangan visi sekolah, evaluasi diri dalam rangka mengidentifikasi berbagai kebutuhan pengembangan, identifikasi kebutuhan pengembangan, perumusan tujuan, penyusunan program peningkatan, implementasi program, dan evaluasi diri untuk kepentingan mutu berikutnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif-deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil temuan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan MPMBS di SDN 07 Kampung Jawa Kota Soiok sudah berjalan dengan baik sesuai dengan tujuh tahapan pelaksanaannya. Sekolah telah memiliki otonomi untuk mengatur dan mengelola kebutuhannnya sendiri. Namun, partisipasi orangtua siswa dan komite sekolah dalam tujuh tahapan pelaksanaan MPMBS kurang berjalan dalam hal penyusunan program peningkatan dan kegiatan evaluasi. Diharapkan untuk kedepannya agar SDN 07 Kampung Jawa lebih meningkatkan lagi kompetensi siswa untuk menghasilkan siswa berprestasi tingkat nasional sebagaimana yang menjadi tujuan sekolah tersebut melalui pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan, serta sekolah harus terus berupaya mengadakan sarana prasarana yang dibutuhkan untuk pengembangan sekolah melalui kerjasama dengan pihak swasta atau dengan lembaga di daerah yang peduli dengan dunia pendidikan demi kemajuan sekolah kedepannya agar lebih baik dan lebih maju.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr. Asmawi ; Roni Ekha Putera, S.IP, M.PA
Uncontrolled Keywords: MPMBS, Otonomi Sekolah, Pengambilan Keputusan Partisipatif
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: TID Rafiqatul Fikri
Date Deposited: 03 Jul 2025 07:59
Last Modified: 03 Jul 2025 07:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/500144

Actions (login required)

View Item View Item